Ekbis

XL Axiata Gandeng Kementrian Perhubungan Gelar Program Sosialisasi dan Edukasi

 

Surabaya : ( KABARAKTUALITA. COM ). PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) menggandeng Kementrian Perhubungan Republik Indonesia melakukan Penandatanganan Nota Pemahaman terkait Komitmen dalam membantu Pemerintah untuk Pemanfaatan saluran digital. Program yang telah diinisiasi oleh Kementrian Perhubungan RI diharapkan bisa berperan efektif. Dan Salah satu program yang akan berjalan adalah Program Sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara

Turut hadir pada acara penandatanganan MoU adalah Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini dan Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi Turut menyaksikan penandatanganan tersebut adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, merupakan kehormatan bagi kami bisa menjalin kerjasama kemitraan dengan Kementerian Perhubungan dalam memanfaatkan teknologi dan saluran digital. Sejak awal kami memasuki bisnis data digital, kami telah berkomitmen untuk ikut menyiapkan masyarakat dalam memasuki era digital.

” Oleh karena itu, kami juga selalu membuka diri bekerjasama dengan unsur-unsur pemerintahan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk melaksanakan program-program yang bertujuan mengatasi persoalan masyarakat luas. Teknologi digital memudahkan kita untuk melaksanakan program sosialisasi dan edukasi publik secara simultan dengan menjangkau kalangan yang sangat luas.” kata Dian Siswarini saat menghadiri acara penandatangan Nota Pemahaman di Jakarta

Menurut Dian, Kerjasama kemitraan kedua belah pihak yang berlangsung selama 3 tahun ini didasari fakta masih cukup tingginya angka kecelakaan yang disebabkan oleh faktor kurangnya kesadaran pengguna jalan dalam menjaga keselamatan diri maupun pengguna jalan lainnya. Salah satu isu dalam hal ini menyangkut perilaku perempuan dalam berkendara, di mana banyak kebiasaan buruk dilakukan selama di jalan yang kemudian memicu kecelakaan.

” Data dari Polri menyebutkan, di tahun 2017 kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 98.419 kali, dengan korban jiwa sebanyak 24.213 orang. Faktor manusia masih menjadi penyebab utamanya.” ujarnya

Di tempat yang sama, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menambahkan,Kesadaran untuk menjaga keselamatan berkendara masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita, baik masyarakat maupun pemerintah. Karena itu sosialisasi dan edukasi ke masyarakat masih sangat perlu kami sampaikan hingga saat ini, apalagi tingkat kepemilikan kendaraan bermotor di mayarakat semakin tinggi di semua wilayah Indonesia.

” Kaum perempuan yang mengendarai sendiri kendaraannya juga terus meningkat. Namun, kenyataannya kepemilikan dan penggunaan kendaraan bermotor ternyata tidak selalu disertai dengan kesadaran menjaga keselamatan di jalan.” terangnya

Kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website www.sisternet.co.id di mana di dalamnya akan ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan berkendara. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet.

Dian menuturkan, XL Axiata juga akan memberikan dukungan berupa akses materi sosialisasi dan edukasi melalui saluran digital lainnya milik perusahaan, yaitu MyXL, www.xl.co.id , SMS Blast, mobile advertising, dan lain-lain.

” Selain itu, Sisternet juga akan membawa sosialisasi dan edukasi yang dimaksud pada event offline komunitas perempuan yang selama ini dibina. Kementrian Perhubungan juga akan menyediakan kurikulum edukasi dan materi dasar sosialisasi.” ungkap Dian

Target jangka pendek dari kerjasama ini antara lain meliputi pelaksaan sosialisasi informasi Aksi Keselamatan Transportasi Darat dan edukasi pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung sosialisasi tersebut.

” Selanjutnya akan dilaksanakan dukungan Digital untuk Informasi Keselamatan Transportasi Darat untuk moment mudik Lebaran tahun 2018, yaitu berupa info mudik dan penyebaran himbauan tentang keselamatan transportasi darat semasa mudik Lebaran. ” ujar Dian

Dian menambahkan. Untuk jangka panjang, akan dilaksanakan pemanfaatan saluran digital untuk sosialisasi informasi Aksi Keselamatan Transportasi Darat melalui e-Learn dari Sisternet dengan sasaran kaum perempuan berkendara.

” Selain itu, XL Axiata juga akan mendukung penyebaran informasi terkait Keselamatan Transportasi Darat untuk keperluan musim liburan di akhir tahun 2018 . ” pungkas Dian. ( Dji )

Related Articles

Back to top button