Hankam

Bekali Wawasan Trafficking in Person, Prajurit Lanal Denpasar Gelar Sosialisasi IOM.

 

Bali : ( KABARAKTUALITA. COM ) . Untuk menambah wawasan tentang Perdagangan manusia ( Trafficking in Person ), prajirt dan PNS Pangkalan TNI AL ( Lanal ) Denpasar, Lantamal V menerima sosialisasi Tentang International Organization for Migration (IOM) yang digelar di Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Rabu (11/4).

Menurut Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Bambang Abdulah Basuki Rahmad mewakili Danlanal Dsnpasar Kolonel Laut (P) G. B. Oka mengatakan bahwa perdagangan manusia (Trafficking in Person) merupakan salah satu kejahatan transnasional dan terorganisir yang semakin berkembang pesat. Kejahatan ini telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) karena bertujuan untuk mengeksploitasi para korban.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi nomor dua setelah Thailand sebagai negara yang masih marak terjadinya perdagangan manusia.
Untuk menanggulangi praktek kejahatan perdagangan manusia dilaksanakan Sosialisasi International Organization for Migration (IOM) dengan mengusung tema ” Upaya Pemerintah Indonesia untuk menanggulangi kejahatan transnasional terorganisir di Laut ”

Sosialisasi yang merupakan bentuk kerjasama antara Organisasi Internasional IOM dengan TNI AL ini, diisi oleh beberapa narasumber dari Polda Bali, Imigrasi, Kesbangpol Provinsi Bali, dan Perwakilan darj IOM Bali sendiri.
Kegiatan tersebut mempunyai perhatian khusus terhadap permasalahan perdagangan manusia di Indonesia. Sosialisasi ini adalah bentuk kerjasama TNI AL dan IOM dalam menanggulangi perdagangan manusia di atau lewat laut Indonesia, yang di Indonesia kasus kejahatan perdagangan manusia yang terjadi masih ditangani oleh aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri), sebagai institusi penegak hukum di Indonesia, dalam menangani kasus perdagangan manusia hingga ke meja peradilan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini TNI AL bisa berperan aktif dalam menangani dan menanggulangi masalah kejahatan transnasional tersebut.
Hadir dalam kegiatan tersebut Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Bambang Abdulah Basuki Rahmad, Perwira Staf Lanal Denpasar, AKBP Sang Ayu Putu Alit, S.H., M.M., Kanit Sus Polda Bali, Bapak Stanley Perwakilan Imigrasi Ngurah Rai, Ibu Tirtasari Kepala IOM Jimbaran, Bapak Nyoman Swajaya, S.E., M.Si, Kabid Wasda Badan Kesbangpol Provinsi Bali, Anggota Militer dan ASN Mako Lanal Denpasar. ( Dji ).

Related Articles

Back to top button