BI Gandeng Perbankan Jatim Siap Luncurkan Kartu GPN

 

Surabaya : ( KABARAKTUALITA. COM ) – Meluasnya The Internet of Things seperti e – Commerce, Financial Technology serta jasa Transportasi yang berbasis pada aplikasi, kini Bank Indonesia ( BI ) menggandeng Perbankan Jawa Timur untuk meluncurkan sebuah Kartu Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN ). Peluncuran GPN tersebut momentum penting dalam Implementasi Blueprint pada Sitem Pembayaran Indonesia.

” Kartu GPN sebagai inovasi terkait cara dan sarana pembayaran yang marak untuk mempermudah dan mempercepat proses bertransaksi dengan sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar, dan andal terus meningkat,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim, Difi Ahmad Johansyah dalam acara Bincang – Bareng Media ( BBM ) di Surabaya.

Menurut Difi,diluncurkannya GPN merupakan momentum penting dalam implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia. GPN menjadi terobosan dalam menghilangkan fragmentasi melalui interkoneksi dan interoperabilitas antar Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran.

Sebagai kelanjutan dari launching Gerbang Pembayaran Nasional pada 4 Desember 2017. Masih kata Difi, pada 3 Mei 2018, Pihak Bank Indonesia bersama dengan Kementerian BUMN, Kementerian Sosial, OJK dan Perbanas bersama – sama untuk meluncurkan Kartu Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN ) sebagai wujud interoperabilitas ( saling dapat dioperasikan ) secara penuh dalam ekosistem pembayaran retail.

” GPN menjadi langkah terobosan dalam rangka menghilangkan fragmentasi layanan pembayaran retail, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan sistem pembayaran yang lebih efisien melalui interkoneksi dan interoperabilitas. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar, jika implementasi GPN berhasil dilaksanakan dengan baik, maka GPN akan mampu menjadi platform sistem pembayaran terbesar di dunia yang dapat diterima di negara lain,” terangnya

Di tempat yang sama Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Yudi Harymukti menambahkan, dengan melalui GPN, diharapkan sistem pembayaran Indonesia ke depannya akan mencakup semua layanan, lebih inklusif, mudah, efisien, serta selalu terjaga keamanannya.

” GPN mewujudkan interoperabilitas uang elektronik sehingga seluruh uang elektonik dapat digunakan untuk pembayaran di setiap ruas jalan tol. Nantinya, 1 merchant akan membutuhkan lebih sedikit EDC dan satu mesin EDC akan dapat memproses seluruh jenis kartu,” pungkasnya.     ( Dji )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*