Di Lantik Kepala Sekolah SD. Muhammadiyah 4 Pucang. Syaikhul Siap Terapkan Konsep School Entrepeneurship.

Surabaya : ( KABARAKTUALITA. COM ) – Muhammad Syaikhul Islam SHI MHI telah dilantik jadi Kepala SD Muhamadiyah 4 Pucang Surabaya, menggantikan Edy Susanto. Selain Syaikhul, enam Kepala Sekolah Muhammadiyah lainnya juga dilantik bersamaan.

Pelantikan sekaligus serah terima jabatan ini berlangsung di G-Inspire (Fakultas Kedokteran) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Sabtu (30/6/2018). Jabatan baru dengan masa bakti 2018-2022 ini ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Muhammadiyah Cabang Surabaya.

Keenam Kepsek. lain yang dilantik masing-masing Asep Saptra S.Psi sebagai Kepala SMP Muhamadiyah 4 Surabaya, Arif Himawan jadi Kepala SMP Muhamadiyah 11 Surabaya, Jatim MA dengan jabatan Kepala SD Muhamadiyah 29 Surabaya.
Kemudian, Dewi Setya Ningsih ST sebagai Kepala SD Muhamadiyah 8 Surabaya, Cahyo Iswayudhi S.Pd jadi Kepala SD Muhamadiyah 18 Surabaya, dan Fathoni S.Pd Kepala SMP Muhamadiyah 10 Surabaya.

Ditemui seusai pelantikan, Syaikhul selaku Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang menegaskan, siap membawa sekolah unggulan ini jadi lebih baik lagi.

” Kami akan mengembangkan SD Muhammadiyah 4 Pucang menjadi sekolah Islami abad 21 yang sesungguhnya,” ujarnya

Selain mengedepankan kualitas pendidikan, Syaikhul akan menerapkan konsep School Entrepeneurship. Dia juga akan menggelar aktifitas kewirausahaan untuk membantu menopang pendapatan sekolah.Untuk tahap awal pihaknya akan mengoperasikan mini market yang saat ini pasarnya sudah terbentuk.

 

” Pasarnya mulai dari para siswa, wali murid, hingga masyarakat sekitar,” terang Syaikhul

Diterangkan Syaikhul, hingga saat ini sumber keuangan untuk belanja pegawai dan operasional sekolah masih mengandalkan dari DPP dan SPP. Karena itu, konsepnya tersebut diharapkan bisa membantu pendapatan sekolah, sekaligus mempercepat tercapainya mimpi besar sebagai The Truly 21st Islamic School. Namun demikian, Syaikhul menyatakan akan menyiapkan timnya terlebih dahulu.

 

” Kami tidak bisa bekerja sendirian. Kami harus membangun kolektifitas dan soliditas dulu sebelum memulai konsep pengembangan itu,” tutur pria yang akrab dipanggil Icol

 

Di SD Muhammdiyah 4 Pucang, Syaikhul bukan orang baru. Sebelum dilantik jadi orang nomor satu di SD Muhammadiyah terbaik ini, Alumni IAIN (sekarang UIN) Sunan Ampel Surabaya tersebut adalah Wakil Kepala Sekolah yang sama.

Pria kelahiran Bojonegoro ini juga pernah menjabat Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Surabaya 2010-2014, dan Bendahara Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur periode 2014-2018.     ( Dji )