Ekbis

Miliki Kopi Berkualitas Terbaik di Dunia, Kelompok Petani Bondowoso Eksport Hingga Mancanegara.

 

Bondowoso : ( KABARAKTUALITA. COM ) – Meskipun Kabupaten Bondowoso merupahkan wilayah terpencil, Namun disisi lain kota penghasil Jajanan Tradisional Tape terbesar di Jatim ini.ternyata memiliki daerah yang sangat prospek sebagai kawasan penghasil kopi spesial terbaik didunia.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 13. 636 milik Perhutani pengembangan Industri produk kopi unggulan telah mengekspor produk Kopi hingga ke Mancanegara.

Seperti yang dikatakan Bupati Bondowoso, Drs. Amin Said Husni. Industri Kopi di Kabupaten Bondowoso telah mengalami perkembangan yang Signifikan, bahkan produk kopi yang dihasilkan kelompok petani ini memiliki produk yang berkualitas dan aroma yang berbeda.

” Yang kami kenalkan produk kopi di bondowoso adalah kopi spesial arabika dan kopi ini murni produk kopi rakyat yang dikelolah oleh petani di bondowoso,” katanya saat ditemui di Pendopo Kantor Bupati pada acara Diskusi dan Sharing dalam Pengembangan Klaster Kopi ( UMKM Republik Kopi ) yang diikuti seluruh wartawan se – jatim. Kamis ( 23/8/2018 )

Menurut Amin Said Husni dari segi produksi klaster kopi bondowoso tersebut, Petani kopi memiliki lahan seluas 3000 an Ha tanah dan bisa menghasilkan 2000 ton kopi / tahun.Bahkan dari sepertiganya kopi ini telah di eksport ke kawasan Eropa, Amerika, Australia dan negara Asia selebihnya dipasarkan dalam negeri.

Selain pemasaran kopi yang sudah berjalan.Pihaknya juga menggandeng anak muda Bondowoso tepatnya di Jalan Pelita. di wilayah ini hampir setiap RT menerapkan kampung kopi untuk menjadikan daerahnya sebagai wisata kopi,sehingga dapat dikenalkan produk – produk kopi bondowoso

” Di bondowoso sudah berkembang cafe – cafe yang dikelolah anak muda untuk destinasi wisata dan ini sangat tepat dalam menarik wisatawan untuk menikmati keunggulan kopi lokal bondowoso, ” tutur Said Amin

Said Amin berharap kedepannya kelompok petani kopi Bondowoso mempunyai kreatifitas ataupun ide – ide untuk meningkatkan pemasaran kopi lebih luas lagi.

” Nanti kita akan mengembangkan inovasi – inovasi sehingga diharapkan kopi bondowoso dapat dikenal di sejagat perkopian,” pungkasnya.    ( Dji )

Related Articles

Back to top button