Ekbis

BI Jatim Resmikan Pasar Bangkal Sumenep Menjadi Pasar Pilot Projec Pembayaran Digital SIAP QRIS

 

SUMENEP : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Pasar Bangkal Sumenep yang merupahkan salah satu Pilot Project Pasar Sehat, Inovatif dan Aman Pakai Quick Response Code Indonesian Standard ( QRIS ) ( SIAP QRIS ) pertama tahun 2022, kali ini secara resmi dibuka Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto.

Hadir pada peresmian tersebut yakni Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Direktur Bank Jatim, Tony Prasetyo yang digelar pada Selasa ( 29 /3/2022 ).

Kegiatan tersebut juga dihadiri sebanyak 130 pedagang pasar Bangkal Sumenep yang akan menerima pembayaran secara Non Tunai mengunakan QRIS untuk bantuan Infrastruktur.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto menyampaikan, bahwa Pasar Bangkal Sumenep secara resmi menjadi bagian dari Program Pasar SIAP QRIS yang secara Nasional akan diimplementasikan di 408 Kabupaten maupun Kota.

Diungkapkan Budi Hanoto, bahwa program tersebut merupakan bentuk sinergi antara Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan untuk mewujudkan ekosistem digital di pasar rakyat dan pusat perbelanjaan sekaligus mendorong transaksi yang lebih higienis, mudah, dan aman untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional.

Untuk memastikan PASAR SIAP QRIS berjalan lancar di Pasar Bangkal. Masih kata Budi Hanoto, Bank Indonesia akan memberikan dukungan Program Sosial Bank Indonesia ( PSBI ) berupa fasilitas sarana prasarana digital untuk transaksi digital.

” Kehadiran pilihan instrumen transaksi pembayaran secara non tunai serta dukungan Bank Jatim sebagai bank fasilitator transaksi non tunai diharapkan mampu mendukung kemudahan masyarakat Sumenep dalam berbelanja di Pasar Bangkal,” kata Budi Hanoto dalam keterangan siaran pers. Rabu ( 30/3/2022 ).

Semetara ditempat yang sama Bupati Sumenep, Achmad Fauzi juga mengapresiasi upaya Bank Indonesia Jatim dalam mendorong pertumbuhan Ekonomi Sumenep melalui Digitalisasi pembayaran yang juga didukung oleh Bank Jatim.

” Adanya sistem pembayaran digital dapat mendukung efisiensi transaksi di Kabupaten Sumenep dan ke depan transaksi pembayaran non tunai akan terus diperluas di berbagai sektor untuk mendukung Optimis Jatim Bangkit,” tandasnya.

Untuk diketahui, Peresmian Pasar SIAP QRIS di Pasar Bangkal tidak menjadi satu-satunya program Bank Indonesia. Peresmian Pasar Bangkal juga dirangkai dengan kegiatan sosialiasi QRIS dan edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) rupiah. Selain itu, turut diselenggarakan Pasar Murah Digital dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, dimana bagi pembeli di pasar murah pembayarannya diwajibkan menggunakan QRIS. ( dji ).

Related Articles

Back to top button