Warisi Keteladanan Para Perwira Tinggi AL. TNI AAL Surabaya Gelar Upacara Wisuda Purnawira 2018

 

Surabaya : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sebagai wujud untuk meneruskan keteladanan para Perwira – Perwira Tinggi ( Pati ) Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) yang akan memasuki Purna Tugas. Akademi Angkatan Laut ( AAL ) Bumimoro. Surabaya menggelar Upacara Wisuda Purnawira. Rabu ( 10/10/2018 ).

Upacara tradisi pelepasan Perwira Tinggi TNI AAL di ikuti sebanyak 78 orang Perwira Tinggi ( Pati ).
Hadir pada acara tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Laut ( Kasal ) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., satu Pati bintang empat yaitu mantan Kasal Laksamana TNI ( Purn ) Ade Supandi, S.E., M.A.P., dua Pati bintang tiga yaitu mantan Wakasal Laksamana Madya TNI ( Purn ) Dr. Widodo, S.E., M.Sc., dan mantan Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI ( Purn ) Ari Soedewo, S.E., M.H., serta 35 Pati bintang dua dan 42 Pati bintang satu. Wisuda Purnawira Pati TNI AL berlangsung di lapangan Arafuru AAL TNI Angkatan Laut.

Kepala Staf Angkatan Laut ( Kasal ) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan.Kegiatan ini merupahkan suatu tradisi TNI AL, Yakni melepas para Wisudawan Perwira Tinggi yang masukk Purna Tugas.

” Sehingga para generasi penerus,terutama para taruna dan taruni akan meneladani nilai – nilai yang diwariskan beliau – beliau yang telah purna tugas,” kata Siwi Sukma Adji ditemui kabaraktualita.com usai gelar Upacara Wisuda Purna Wira Perwira Tinggi TNI AL 2018.

Untuk itu, Masih kata Siwi Sukma Adji. Alih generasi yang telah dilakukan oleh Perwira Tinggi Purna Tugas ke Generasi selanjutnya di Jajaran AL adalah sebagai upaya untuk melanjutkan Pembangunan Bangsa Indonesia yang lebih baik.

” Pengabdian ini akan diteruskan, supaya bisa membawa Angkatan Laut kita lebih maju dan ini yang diharapkan oleh rakyat indonesia,” ujarnya

Dia berpesan untuk meneladani apa yang telah diwariskan oleh Purna Tugas AL, harus dilakukan dengan rasa keiklasan dan ketulusan serta satu kebersamaan tekad yakni untuk mewarisi nilai – nilai TNI AL.

” Karena nilai – nilai yang sudah dibangun oleh TNI AL cukup lama dan butuh waktu.namun, dengan membangun suatu Alutsista yang cukup dengan membutuhkan waktu.

” Membangun sumber daya manusia yang memiliki karakter dan jatidiri dibutuhkan waktu.oleh sebab itu, nilai – nilai ini patut diteladani dan kita warisi untuk generasi muda.” terang Siwi Sukma Adji.

oleh generasi yang muda di lingkungan AL tersebut akan meneruskan pengabdiannya untuk membawa AL yang lebih maju dan tentunya ini serta keinginan rakyat imdonesia agar negara kita kuat,” ujarnya

Upacara pelepasan Perwira Tinggi TNI AL diperuntukkan bagi Pati TNI AL yang telah memasuki purna bakti dan sekaligus merupakan perlambang saat terakhir pengabdian seorang Perwira Tinggi setelah mendharmabaktikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara.

” Upacara ini merupakan bentuk penghormatan yang tulus dari seluruh jajaran TNI AL kepada para pendahulu atas darmabaktinya bagi kemajuan TNI Angkatan Laut.” jelasnya

Dia menambahkan, pada kegiatan acara ini Bumimoro adalah salah satu tempat digelarnya upacara Wisuda Purna Wira. Pasalnya tempat ini adalah yang paling cocok untuk bernostalgia mengenang kembali masa penggemblengan menjadi perwira, dan nilai-nilai yang telah dibangun melalui pengabdian panjang yang diwariskan kepada generasi penerus

Kegiatan ini di ikuti oleh pasukan upacara yang terdiri dari satu batalyon Korsik, Satu batalyon Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, satu kompi Perwira Remaja, satu batalyon Kowal, satu batalyon Pomal, satu batalyon Taruna AAL, satu batalyon Koarmada II, satu batalyon Kodiklatal, dan satu batalyon Pasukan Marinir. ( Dji )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*