Pertumbuhan Perekonomian Jatim 2019 Diperkirakan Meningkat Sekitar 5,8 Persen.

Probolinggo : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Perekonomian Jawa Timur pada Tahun 2019 akan diperkirakan bertambah meningkat, hal ini dikarenakan ada ketentuan regulasi yang telah berlakukan oleh Pemerintah.

Seperti yang dikatakan Kepala Devisi Advisory Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Taufik Saleh. Prospek pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2019 diperkirakan meningkat, secara Kamulatif PDRB dipastikan tumbuh sekitar 5, 4 % – 5, 8 % ( YOY ). Sumber pertumbuhan tersebut diperkirakan berasal dari penurunan Baju Impor yang seiring adanya pemberlakuan kebijakan Pemerintah dalam rangka mengurangi Impor serta peningkatan kinerja perdagangan Domistik ( Antar Daerah )

Selain itu. Masih kata Taufik Saleh, Konsumsi swasta juga diperkirakan tumbuh stabil, hal ini didorong adanya pelaksanaan Pemilihan Umum yang sangat berpotensi untuk meningkatkan konsumsi swasta serta kebijakan kenaikan UMR dan UMK yang diperkurikan turut menopang kinerja konsumsi rumah tangga di Jawa Timur.

” Dibandingkan pada Tahun sebelumnya, tekanan Inflasi Jawa Timur di tahun 2019 diperkirakan berada dalam sasaran Inflasi 35 % – 1 % ( YOY ),” kata Taufik saat ditemui usai acara Pelatihan Wartawan Ekonomi yang diselenggarakan Bank Indonesia di Bromo – Probolinggo.

Taufik menambahkan, terlebih pada peningkatan terbesar perekonomian Jatim, yakni didorong oleh kelompok Administered Price maupun kelompok Volatile Food diperkirakan cukup stabil.

” Dan ini yang akan menjadi Faktor penahan realisasi inflasi jawa timur tahun 2019,” tutup Taufik.   ( Dji ).