Ekbis

Bertajuk ” Nglaras Cipta dan Rasa ” Pameran Lukisan Beraliran Impresionisme Digelar Di Surabaya.

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sukses pada ajang pagelaran pameran Lukisan dibeberapa kota besar di Indonesia. Kini Edy Sanjaya seniman kelahiran Blitar mengadakan pameran tunggal karya lukisan di Surabaya
Bertajuk ” Nglaras Cipta dan Rasa” karya lukisan tersebut digelar selama satu bulan mulai tanggal 11 November hingga 10 Desember 2019 di Hotel Elmi Surabaya.

Edy Sanjaya mengatakan, pameran ini merupakan pameran tunggal pertama yang dilakukannya. Ini sebagai bukti bahwa seni lukis itu masih hidup dan masih diminati masyarakat khususnya para pecinta lukisan. Sekaligus, sebagai bukti eksistensi diri bahwa, dirinya masih terus berkarya.

” Mengapa saya memberikan tema “Nglaras Cipta dan Rasa”. Karena, lukisan itu bukan hanya sebagai dekorasi ruangan saja, tapi juga bisa menciptakan kesadaran bathin rasa seseorang untuk mencapai kedamaian jiwa,” kata Edy Sanjaya ditemui dilokasi pameran

“Hal ini yang terkadang kurang dipahami oleh masyarakat. Karena, banyak masyarakat melihat sebuah lukisan dari keindahan gambar dan pantas untuk dipajang diruangan. Padahal, banyak makna yang tersimpan dalam sebuah lukisan. Salah satunya, tentang ketenangan dan kedamaian jiwa,” imbuhnya

Pria yang sudah menghasilkan sekitar ratusan karya Lukisan mengungkapkan,tujuan pameran tunggal ini adalah ingin mengaplikasikan tasawuf kedalam dunia kerja seni rupa. Dimana, Nglaras cipta dan rasa akan menyeimbangkan antara pikiran dan hati untuk mencapai keharmonian.

” Dimana, keharmonian itu bisa terwujud antara manusia dengan lingkungan, hewan dan masyarakat. Bahkan, bisa dengan pemerintahan yang mana kita kemas dalam bentuk lukisan diatas kanvas,”ungkap pria yang memiliki aliran karya impresionisme.

Ketua koordinator pameran Ida Fitriyah menambahkan, lewat lukisan lukisan dalam pameran tunggal ini, Pihaknya ingin menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa, lukisan bukan hanya sebuah hiasan tapi juga bisa memberikan ketenangan jiwa.

” Semoga, melalui lukisan karya Edi Sanjaya ini masyarakat semakin mencintai sebuah lukisan yang memliki banyak makna. Dan semoga bisa menjadikan edukasi dan menambah wawasan baik bagi sang pelukis maupun pengunjung,”pungkas perempuan berhijab.

Pada pameran tersebut, sekitar 18 karya yang akan dipamerkan oleh Edi Sanjaya, bertempat di lobi Hotel Elmi Surabaya beberapa hasil karya memberikan makna kenyaman dan ketenangan jiwa. Diantaranya lukisan Pertapa, Pujangga, Fokus, Mawar Putih, Bunga Matahari, Macan Putih, Telaga Biru, Kasih Sayang.   ( Dji )

Related Articles

Back to top button