Dorong ODHA jadi Wirausaha Kreatif, FK Universitas Ciputra Surabaya Berinovasi Sosial kepada Masyarakat

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sebagai Lingkungan Akademis ternama di Kota Surabaya, yakni Universitas Ciputra Surabaya, tiada hentinya untuk berinovasi Sosial kepada Masyarakat.Salah satunya melalui Fakultas Kedokteran, kegiatan Pengabdian Masyarakat bertajuk ” Kami Berdaya, Kami Istimewa, Kami Bisa ” pada ibu-ibu ODHA di komunitas BU’DAYA ( ibu berdaya dengan hiv ) Kecamatan Tandes Surabaya.

Kegiatan ini bertujuan Ibu-ibu komunitas mampu menerima kondisinya dan memiliki motivasi bertahan hidup sehingga mereka mampu menghadapi stigma negatif dan diskriminasi dari keluarga dan masyarakat.

Etha Rambung, dr., M.Si selaku Ketua Kegiatan mengatakan, bahwa pengabdian masyarakat ini untuk memotivasi komunitas agar mampu melakukan manajemen stress sehingga mampu menghadapi masalah yang timbul akibat kondisinya dan tidak putus obat.

“Ibu-ibu komunitas ini hrs mampu berempati dan menjadi pendukung bagi ibu-ibu penderita HIV lain yang menghadapi masalah untuk tetap survive dan tidak putus obat,” kata Etha pada Kamis ( 27/8/2020 )

Diungkapkan Etha, kesulitan terbesar bagi ODHA adalah karena faktor penghasilan keuangannya terganggu akibat pandemi, sehingga kesulitan untuk bisa pergi ke fasilitas kesehatan. Akibatnya, ODHA juga mengalami ganguan psikologis yang bisa membuat mereka lebih rentan terinfeksi penyakit.

Etha menambahkan, bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya memberikan motivasi pada bidang Kesehatan saja tetapi memberikan pendampingan dan pelatihan wirausaha jahitan ( kualitas produksi, manajemen dan alat jahit ) melalui workshop.

” Kegiatan ini mendapatkan pendanaan Hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diinisiasi oleh Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (DRPM) Kemenristek- BRIN,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, selain Etha Rambung, dr., M.Si, juga dibantu oleh Romauli Nainggolan, S.E., M.Si dan Hanna Tabita Hasianna Silitonga, dr., M.Kes sebagai anggota dan kegiatan ini dilakukan secara daring melalui media ZOOM meeting. ( * Dji ).