Ekbis

Bertepatan 23 Tahun KPPU, Komisi VI DPR-RI Dalam Gelar RDP Bakal Beri Penambahan Kantor Wilayah KPPU

JAKARTA : ( KABARAKTUALITA.COM) – Komisi VI DPR RI mencatat berbagai masukan bagi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Pembahasan RKP dan RKA Kementerian/Lembaga (K/L) Tahun Anggaran 2024 dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran 2022 dan Semester I TA 2023 yang dilaksanakan di Gedung DPR RI kemarin tanggal 7 Juni 2023.

Berbagai masukan disampaikan Anggota DPR dalam RDP yang bertepatan dengan 23 tahun usia KPPU tersebut. Masukan itu antara lain berkaitan dengan penambahan jumlah kantor wilayah KPPU, Perkuatan Aspek  Pencegahan, Peningkatan Target Capaian Indeks Persaingan Usaha, maupun Peningkatan Peran Pengawasan Kemitraan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kinerja pengawasan persaingan usaha di Indonesia, agar manfaatnya dirasakan lebih luas oleh rakyat.

Secara rutin, DPR melakukan pertemuan dengan mitranya dalam memantau atau mengevaluasi kinerja Lembaga mitra, baik dari sisi substansi maupun anggaran, dalam suatu RDP. Kali ini Komisi VI memanggil KPPU untuk membahas kinerja dan anggaran tahun anggaran 2023 serta usulan anggaran tahun 2024. Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Ketua KPPU M. Afif Hasbullah dan Wakil KetuaK PPU Guntur S. Saragih serta jajaran pejabat KPPU menyampaikan berbagai masukan yang ditujukan kepada KPPU.

Baca juga : Patuhi Perintah KPPU, PT Shopee Perbaiki Kemitraan Dengan Mitra Pengemudi 

Seperti kata Nevi Zuairina dari Fraksi, Amin dari Fraksi PKS, I Nyoman Parta dari Fraksi PDIP, maupun Muslim dari Fraksi Demokrat mengangkat pentingnya KPPU untuk menambah jumlah kantor wilayah guna memperluas lingkup pengawasan.

Saat ini KPPU hanya memiliki 7 (tujuh) kantor wilayah. Ini dinilai belum cukup untuk menjangkau 38 provinsi di Indonesia. Untuk itu DPR menyarankan agar KPPU meningkatkan jumlah kantor wilayah tersebut, jika perlu di setiap provinsi. Prof. Darmadi Durianto dari Fraksi PDIP antara lain mengangkat soal target indeks persaingan usaha yang dinilai perlu untuk ditingkatkan.

Berdasarkan RPJMN, angka indeks pada tahun 2024 ditetapkan sebesar 5. Target ini perlu ditingkatkan agar lingkungan bisnis dapat menjadi lebih sehat bagi pelaku usaha.

Lebih lanjut, Subardi dari Fraksi NASDEM dan Intan Fauzi dari Fraksi PAN mengangkat pentingnya upaya pencegahan oleh KPPU, karena konstruksi anggaran KPPU masih dominan pada penegakan hukum. Sehingga penting bagi KPPU untuk turut meningkatkan pengawasannya pada kebijakan pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan rakyat banyak seperti bawang putih atau daging ayam. Subardi meminta agar KPPU lebih memahami karakter pelaku usaha di berbagai Kluster Industri.

” Ini perlu dilakukan dengan cara mengkaji perilaku pelaku usaha di berbagai industri yang ada. Diluar persaingan usaha,” kata Subardi.

Sementara Muslim dari Fraksi Demokrat juga.menilai, pentingnya peran KPPU dalam membangun koordinasi dan sinergi dengan pemerintah dalam mengawasi kemitraan UMKM.

” Untuk itu KPPU perlu melakukan inovasi dalam mengidentifikasi masalah UMKM, sekaligus memberikan solusi bagi kemitraan UMKM tersebut,” tandasnya.
Pada akhir RDP, Komisi VI DPR RI menyetujui pagu indikatif KPPU pada Tahun Anggaran 2024 sejumlah Rp. 115.485.314.000, berdasarkan Surat Bersama Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Bappenas Nomor S-287/MK.02/2023 dan Nomor B.292/M.PPN/D.8/PP.04.02/04/2023 tanggal 10 April 2023. Komisi VI juga menyetujui usulan tambahan anggaran yang diajukan KPPU untuk Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp. 192.562.720.000,- guna mendukung efektivitas pelaksanaan tugas dan peran lembaga.

Terpisah Kepala Bagian Administrasi Kanwil IV KPPU Surabaya Dyah Paramita menambahkan, bahwa untuk penambahan kantor KPPU perlu diperluas di wilayah masing – masing, sehingga mempermudah KPPU dalam menangani persaingan usaha

” “Memang benar saat ini dibutuhkan pembukaan kantor di berbagai wilayah, untuk meningkatkan efektifitas persaingan usaha yg sehat,” ungkap Dyah. ( dji )

Related Articles

Back to top button