Tekan Pandemi Covid – 19, Sat Pol PP Jatim Sidak ke Tempat Hiburan Malam

 

SURABAYA  :  ( KABARAKTUALITA.COM ) – Meningkatnya angka kasus pasien baru Covid – 19 menjadikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah untuk melakukan Gerak cepat dalam menangani penyebaran virus yang mematikan tersebut. Alhasil untuk menekan pandemi Covid – 19 ini dilakukan operasi Sidak ( Inspeksi mendadak ) yang melibatkan Sat Pol PP Jatim bekerjasama Polda Jatim dan Perwakilan Ormas untuk membubarkan kerumunan masyarakat di sejumlah titik tertentu yakni di tempat hiburan malam di Surabaya, Rabu ( 30/12 )

Sasaran Lokasi pertama yang disidak yakni Holywings Gold di Jalan Basuki Rachmat Surabaya tepatnya dekat dengan Taman Apsari. Di lokasi tersebut, saat tim Satgas Covid-19 Jatim tiba di lokasi terdapat sejumlah ratusan pengunjung berpesta minuman keras. Seketika itu para pengunjung pun bubar. Dalam waktu sekitar 30 menit, lokasi langsung tutup.

“Di Holywings ini memang ada pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 yang sangat luar biasa. Kapasitas memang mencapai 200 orang. Nampaknya tidak ada pembatasan 50 persen dan pengunjung penuh. Di sini memang ada kerumunan dan tidak ada jaga jarak,” kata Kepala Satpol PP Jatim, Budi Santosa saat ikut dalam operasi Sidak di lokasi Holywings.

Atas pelanggaran tersebut, pihaknya akan memberikan pengertian terhadap pihak pengelola Holywings atas pelanggaran penerapan protokol kesehatan yang terjadi.

” Kami tetap tindak tegas sesuai ketentuan Perda No 2 Tahun 2020 dan Pergub No 53 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019,” tegasnya.

Budi menambahakan, pelanggaran ini kami lakukan untuk menyampaikan terhadap Pihak pengelola lain, bahwa besok ( malam tahun baru ) akan diterapkan jam malam.
“Malam ini kami masih uji coba karena besok (Kamis 31/12/2020) akan ada penerapan jam malam mulai malam tahun baru ada pembatasan jam 20.00 WIB,” ujarnya

Diungkapkan Pria Mantan Pjs. Bupati Blitar, bahwa penerapan jam malam ini adalah sesuai dengan surat edaran yang sudah ditandatangani Pihak Sekdaprov Jatim yakni merujuk pada surat No.736/ 24068 /013.4/2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Pada Pelaksanaan Kegiatan Libur Tahun Baru 2021 di Jawa Timur.Dalam keterangan Surat Edaran tersebut diberlakukan penerapan jam malam yang ditetapkan mulai 20.00-04.00 WIB sejak 31 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.        ( * Dji )

 

Insert poto : Liputan Indonesia.co.id