Ekbis

Perkuat Daya Saing Produk UMKM, BI Luncurkan ” Rumah Kurasi”

 

KEDIRI : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sebagai upaya untuk memperkuat daya saing produk UMKM, kembali Bank Indonesia ( BI ) Jawa Timur meluncurkan ‘Rumah Kurasi’

Bertempat di Hotel Grand Surya, Kediri, Selasa (27/7/2021). Peluncuran Rumah Kurasi dihadiri Gubernur Jawa timur, Khofifah Indar Parawansa.

” Rumah Kurasi” tersebut adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang diharapkan akan mampu meningkatkan standarisasi kualitas dan daya saing produk-produk UMKM Jatim di pasar nasional maupun internasional.

Kepala perwakilan BI provinsi Jatim Difi Ahmad Johansyah mengatakan, bahwa inisiasi program ini membutuhkan proses yang panjang. “Ide Rumah Kurasi muncul setelah memetakan bahwa ada pasar yang potensi untuk disasar oleh produk lokal Jatim. Namun banyak yang tidak bisa diproses karena masalah standar kualitas dan semacamnya.

Namun, masih kata Difi, bahwa kendala yang sering muncul adalah karena harus ada peningkatan kualitas dan standarisasi, Kadin nanti akan jadi agregator.
“Namun nggak mungkin kita kembangkan UMKM kecil tanpa agregator. Dan Rumah kurasi ini alhamdulillah satu satunya rumah kurasi di Indonesia,” tandas Difi.

Sementara Khofifah mengatakan, dengan adanya Rumah Kurasi, kondisi ini menunjukkan, pandemi tidak menghalangi untuk terus produktif serta berkarya demi mendukung ekonomi, khususnya Pemulihan Ekonomi Nasional melalui UMKM.

“Melalui program rumah kurasi, UMKM Jatim tidak perlu khawatir jika ingin mendapatkan sertifikat kurasi produk secara mudah, serta berkualitas, meski ditengah kebijakan pembatasan yang sedang kita hadapi,” kata Khofifah.

Untuk bisa memanfaatkan Rumah Kurasi ini, lanjutnya, UMKM cukup mendaftarkan produk unggulannya secara online di www.rumahkurasi.com dan mengikuti proses kurasi. Selanjutnya para pelaku UMKM yang telah mendaftar di Rumah Kurasi ini akan difasilitasi proses kurasinya oleh kurator, asesor dan juga instruktur yang bersertifikat.

“Seperti yang telah disampaikan Pak Difi, program rumah kurasi dilaksanakan dengan fokus pada ekosistem dan kolaborasi. Hal ini terlihat dari BI Jatim yang bekerjasama dengan Kadin serta BNSP dalam melakukan sertifikasi. Semua ini untuk memastikan proses kurasi dilakukan oleh kurator profesional yang melakukan penilaian terhadap produk UMKM secara objektif dan berkelanjutan,” ungkap Khofifah. ( * )

Related Articles

Back to top button