Ekbis

BI : 3 Resep Pemberdayaan Muslim Millennial untuk Indonesia Maju, ini penjelasannya

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Rangkaian ajang Festival Ekonomi Syariah ( Fesyar ) Regional Jawa 2021 tidak hanya memamerkan produk UMKM Pesantren saja, Namun untuk menggiatkan perkembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah, Bank Indonesia ( BI ) juga menggelar kegiatan Tabligh Akbar sebagai salah satu untuk pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pemberdayaan Umat.

Mengusung tema “Mewujudkan Kemajuan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Umat dalam Perspektif Islam”, kegiatan Tabligh Akbar digelar. Rabu ( 29 /9/2021 ) dan dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, KH. Reza Ahmad Zahid – Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, serta KH. Muhammad Abdurrahman Al-Kautsar Pondok Pesantren Al-Falah, Ploso, Kediri.

Dalam sambutannya Budi Hanoto, Kepala Perwakilan BI Prov.jatim menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai bagian dari FESYAR Regional Jawa 2021, akan dibawakan oleh duet Dai muda dari Jawa Timur, Gus Reza dari Ploso dan Gus Kautzar dari Lirboyo. Duet yang asyik tersebut mewakili semangat dari Ustad-ustad Muda untuk melakukan syiar Islam terutama terhadap generasi millennial,

Kegiatan Tabligh Akbar tersebut. Masih kata Budi Hanoto, adalah bertujuan untuk meningkatkan produktifitas bagi santri, pesantren dan alumni pesantren. Hal tersebut seiring dengan proyeksi peningkatan jumlah usia produktif yang mencapai 64% dari total jumlah penduduk sekitar 297 juta jiwa yang menjadi puncak dari bonus demografi Indonesia pada tahun 2030.

Dalam perspektif Islam.Lanjut Budi, ada 3 hal yang menjadi resep pemberdayaan muslim millennial untuk Indonesia maju. Pertama, Cinta Ilmu, sebagai umat Islam, kita harus terus meningkatkan spirit untuk menuntut ilmu agar bisa meraih pahala. Kedua, Cinta integritas Mulia, integritas mulia dari umat millennial dapat menjadi katalis yang dapat membantu menyeimbangkan laju perahu pembangunan bersama dengan Ahlaqul Karimah. Ketiga adalah cinta waktu yang bermanfaat.

Terlebih menurut Budi, melalui rangkaian kegiatan tabligh Akbar dan kegiatan Fesyar Regional Jawa 2021 dapat menjadi motor penggerak pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat regional, sehingga mampu menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, demi Indonesia maju.

Ajang Festival Ekonomi Syariah ( Fesyar ) Regional Jawa 2021 digelar di Tunjungan Plaza 3 Surabaya dengan menampilkan berbagai macam Produk – Produk UMKM Pesantren se – Jawa diselenggarakan tanggal 27 September 2021 dan berkakhir pada tanggal 2 Oktober 2021.    ( dji ).

Insert poto atas : Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto

Related Articles

Back to top button