Sospol dan Pemerintahan

Sinergi Bersama Pemkot Surabaya, Bank Indonesia Bangkitkan Destinasi Wisata Tunjungan

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sebagai upaya untuk membangkitkan kembali Destinasi Wisata di Kawasan Jalan Tunjungan kota Surabaya. Kali ini Bank Indonesia ( BI ) Jawa Timur ( Jatim ) bersama Pemerintah Kota Surabaya Melaunching Kawasan tersebut sebagai Kawasan Pasar Wisata Tunjungan.

Dengan tidak mengabaikan Protokol Kesehatan, kegiatan Peresmian Bertajuk ” Tunjungan Romansa” tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jatim, Budi Hanoto dan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, Pangkoarmada II TNI – AL, Laksda TNI Dr, Iwan Isnurwanto dan Anggota DPR RI Komisi XI, Indah Kurnia serta Jajaran Forkopimda Kota Surabaya.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jatim, Budi Hanoto menyampaikan, bahwa Launching Destinasi kawasan wisata Tunjungan Surabaya tersebut adalah sebuah wisata yang terletak di jantung kota Surabaya. Bahkan kota dikenal dengan sebutan kota pahlawan ini.Lanjut Budi Hanoto, ingin menggairahkan kembali sebuah Destinasi Wisata Tunjungan untuk dipromosikan.

” Kalau kita amati di kawasan Tunjungan ini menghadirkan dua hal yakni wisata seni dan budaya dan wisata heritage dengan kawasan bangunan bersejarah,” kata Budi Hanoto pada sambutan acara launching destinasi kawasan wisata Tunjungan.Minggu ( 21/11/2021 ).

Disis lain menurut Budi Hanoto, bahwa kawasan tersebut juga merupahkan sebuah kawasan yang potensi ekonominya sangat besar,sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya.

‘ Kami Bank Indonesia bersama kelompok sadar wisata dan kelompok komunitas UMKM ingin mengembangkan kawasan ini sebagai destinasi wisata usaha mikro kecil dan menengah ,” terang Budi Hanoto.

Pihaknya berharap, dengan membangun sebuah kawasan destinasi wisata Tunjungan di Surabaya ini. Lanjut Budi Hanoto, Pihaknya bersama Pemerintah Kota Surabaya berkeinginan untuk mendorong dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui kawasan wisata dan memperkenalkan produk – produk UMKM.

” Bank Indonesia bersinergi dengan pemerintah kota Surabaya ingin mengembangkan wisata kuliner dengan tagline tunjungan romansa,” pintah Budi Hanoto.

Selain itu, Masih Budi Hanoto, bahwa kawasan wisata Tunjungan ini kita kolaborasi bareng dengan pemerintah kota untuk membangun Surabaya sebagai wisata cagar budaya dan kawasan wisata untuk menjadikan sumber perekonomian yang baru.

” Harapannya kawasan Wisata tunjungan terus dioptimalkan kegiatannya dengan memulai dari kawasan cagar budaya dan penyediaan UMKM serta para pelaku seniman untuk ekosistem ekonomi yang baru dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa timur terutama di kota Surabaya,” pintahnya.

Sementara ditempat yang sama Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mengaku bersyukur, mulai hari ini kawasan Jalan Tunjungan menjadi ‘Tunjungan Romansa’. Setiap malam di kawasan ini akan ada suguhan kuliner dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya lengkap dengan tampilan hiburan seni dan budaya.

“Alhamdulillah, hari ini kita melaunching. Mulai hari ini (Jalan) Tunjungan itu akan menjadi Tunjungan Romansa. Jadi setiap malam akan ada tampilan seni, kita bisa menikmati suasana Tunjungan Romansa,” imbuh mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

Selain itu. Menurut Eri Cahyadi, Pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak Bank Indonesia yang telah mendukung Pemkot untuk membangkitkan kembali kawasan jalan Tunjungan. ( dji ).

Related Articles

Back to top button