Sospol dan Pemerintahan

Wisata Kampung Pelangi Sontoh Laut Tawarkan Potensi Wisata Edukasi dan Wisata Joging Track Serta Angkringan Gazebo

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Salah satu pengembangan wisata edukasi yang berada di kawasan Surabaya Utara adalah sebuah Destinasi Wisata Kampung Pelangi Sontoh Laut ( KAPSOL ).

Wisata Edukasi KAPSOL ini merupahkan Wisata Kampung Edukasi yang berada di Jalan Greges Timur Gang Buyuk. Ironisnya dari kawasan Wisata edukasi tersebut seluruh Bangunan rumah warga di beri cat warna – warni seakan menanbah kecantikan kampung tersebut.

Menurut Ketua RW 02, Kelurahan Tambak Sari Oso Kecamatan Asemrowo, Eko Prasetyo mengatakan, bahwa kampung warna – warni atau pelangi ini sengaja direalisasikan dengan harapan bisa mengangkat perekonomian masyarakat dan pemberdayaan masyarakat sendiri serta memotivator tempat yang lain dalam hal terkait Alam yang sederhana bisa dijadikan Obyek untuk mengangkat peningkatan perekonomian masyarakat.

Selain itu, Masih kata Eko, Pihaknya bersukur karena wisata kampung pelangi ini telah dikunjungi beberapa Camat Surabaya, semoga dengan kehadiran mereka dapat membantu mempromosikan wisata Kampung ini.

“Terima kasih kepada Camat Asemrowo, Camat Gayungan, Camat Krembangan, Camat Bubutan, Camat Gubeng, Camat Kenjeran dan Camat Bulak serta Kepala Bagian Pemerintahan & Otonomi Daerah Kota Surabaya yang telah berkunjung di tempat wisata tersebut, semoga kunjungan ini dapat menambah publikasi,” terang Eko.

Sementara Camat Asemrowo , Drs Bambang Udi Ukoro menyampaikan, bahwa Kampung Pelangi Sontoh Laut ( KAPSOL ) , disisi lain memiliki bangunan rumah tinggal warga yang di Cat dengan berbagai keindahan warna warni secara fisik.Namun, Lanjut Bambang, Potensi dari Kampung RW 02 Kelurahan Tambaksarioso juga memiliki berbagai Potensi yakni teedapat Pengembangan Hidroponik, Budidaya Ikan Lele Terpal, pemanfaatan lahan tinggal dengan Tanaman Hias, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pengelolaan Bang Sampah dan saat ini teedapat Pengembangan UMKM serta sebagai kampung penopang Destinasi Wisata Bahari baru Sontoh Laut adanya Joging Track dan Lima buah Gazebo.

” Pengembangan wisata kampung pelangi Sontoh laut ini paling utama adalah komitmen warga dalam kebersamaan membangun kampungnya,” kata  Bambang Udi Ukoro ditemui saat berkunjung ke wisata KAPSOL yang didampingi sejumlah Camat – camat dan Kabagpem kota Surabaya.Minggu ( 28/11/2021 ).

Bambang berharap, dengan adanya destinasi wisata KAPSOL semoga dapat menopang sekaligus mengembangkan Wisata Bahari Sontoh Laut, baik secara fisik maupun peran serta warga dalam menjaga Lingkungan tetap menjadi kawasan wisata dan berkomitmen mendukung Program Pemerintah dalam pengembangan kawasan Wisata Bahari Sontoh Laut sebagai Paket wisata bahari yg baru dengan berbagai wahana Wisata yg ada.

Wisata Kampung Pelangi Sontoh laut ini akan Diresmikan atau di Launching pada tanggal 4 Desember 2021. ( dji ).

Related Articles

Back to top button