Politik

Dinsos Jatim Optimalkan LDP Bagi Para Korban Erupsi Gunung Semeru Secara Berkelanjutan

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Bencana Erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang hari Sabtu ( 4/12/2021 ) yang banyak mengakibatkan korban meninggal serta kehilangan tempat tinggal.Untuk meringankan beban mereka. Kembali Pemerintah ( Pemprov ) Jawa Timur melalui Satuan kerja dari Dinas Sosial ( Dinsos ) Provinsi Jatim mengoptimalkan Layanan Dukungan Psikososial ( LDP ) terhadap pengungsi korban erupsi Gunung Semeru.

Kapala Dinas Sosial Jawa Timur, Dr, M. Alwi menyampaikan, bahwa dengan melakukan pembagian kegiatan LDP tersebut, supaya dapat menjadi pemerataan dan berkelanjutan denganelawan lainnya.

” Terjadi musibah, ada pengungsian, kita dari dinas sosial bersama relawan sosial itu sudah melakukan penanganan. Hari ini kita melakukan penataan agar lebih baik. Jadwalnya kita atur dan pembagiannya kita tentukan, sehingga kegiatan yang di LDP itu bisa merata dan berkesinambungan,” kata Kadinsos Jatim, Dr, M. Alwi, Jum’at, ( 10/12/2021 ).

” Hal Ini sesuai dengan arahan dan petunjuk yang diberikan oleh Gubernur, jadi LDP itu agar lebih masif mencakup semua kalangan, tidak hanya anak-anak saja,” imbuh Alwi.

Dia mengungkapkan, Dinsos Jatim saat ini melakukan persiapan yang melibatkan semua unsur. Artinya, tidak hanya dari Dinas Sosial saja, tetapi relawan-relawan sosial TKSK, Tagana, pelopor perdamaian, atau relawan-relawan sosial.

“Kalau sasaranya tentunya semua pengungsi. Bahkan hari pertama kita sulit mendata. Paling tidak lima hari pasca pengungsi efektif kita melakukan LDP. Sampai kapan? Kita lihat dengan mengikuti situasi yang berkembang,” tandasnya.

Alwi berharap kepada para relawan sosial, agar di saat melaksanakan tugasnya mereka harus bekerja dengan kesungguhannya serta diawali dari hati nurani untuk membantu para pengungsi.

“Kami berharap teman-teman (relawan sosial,red) melakukan kegiatan ini dilakukan dengan penuh kesungguhan berangkat dari hati nurani untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah,” pintahnya.

Pada kegiatan LDP tersebut. Masih Alwi, Pihaknya juga membagikan bantuan kepada pengungsi yang disalurkan bantuan baik dari kalangan masyarakat maupun dari pemprov Jatim.

“Bantuan dari berbagai sumber, termasuk dari internal Dinas Sosial Jatim, mereka urunan atas dasar keiklasan dan naluri kemanusian walupun sedikit untuk membantu meringankan apa yang dibutuhkan masyarakat yang terkena musibah,” pungkas Alwi. ( dji )

Related Articles

Back to top button