Umum

Sebagai Wujud Pentingnya Organisasi dan Keseriusan AWS, Pengurus dan Anggota Tandatangani Pakta Integritas

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sebagai wujud keseriusan anggota Aliansi Wartawan Surabaya ( AWS ) sekaligus untuk mengembangkan Organisasi tersebut. kali ini, seluruh anggota AWS hadir dan menandatangani pakta integritas.

Seperti diungkapkan Matudji selaku Ketua AWS, bahwa saat ini AWS telah menunjukan existensinya sebagai lembaga Pers berkualitas dan mampu untuk menampung berbagai ide dan usulan dari seluruh anggotanya.

Selain itu, masih kata Martudji, dalam kurun waktu singkat ini sepak terjang Aliansi Wartawan Surabaya semakin dapat di rasakan kehadirannya. Hal ini seperti kepedulian AWS terhadap beberapa program yang di luncurkan oleh pemerintah pada waktu lalu, yakni ikut serta dalam memberikan Sosialisasi terhadap masyarakat terkait peluncuran Televisi Digital. Dan banyak lagi program yang di usung AWS dengan bertekad untuk menjadikan lembaga tersebut sebagai bengkelnya para Wartawan.

Terlebih menurut Tudji sapaan akrab Matudji, bahwa penandatanganan pakta integritas ini akan menjadikan sebuah kesepakatan bersama bagi para pengurus AWS, yang sebelumnya telah menjadi program kerja saat digelar rapat kerja kali pertama di gedung Pelindo Surabaya.

Penandatanganan yang dilakukan di Kantor Sekretariat AWS Jalan May.Jend. Suprapto, Surabaya tersebut juga dilakukan oleh Martudji.dan Wakil Ketua AWS yakni Kiki Kurniawan yang sekaligus membawahi bidang Organisasi.

” Ini sebagai tanda atau wujud komitmen kami, yang benar-benar siap menjadi anggota AWS. Dan, menurut saya dengan adanya Pakta Integritas seperti ini, merupakan keseriusan sebuah organisasi untuk menjalankan program-programnya. Termasuk juga mengenai hak dan kewajiban anggota,” terangnya.

” Bagi yang belum, silahkan untuk tidak ragu menandatangani Pakta Integritas, karena ini bentuk penghargaan sekaligus perlindungan bagi anggota dalam berorganisasi di AWS,” Imbuh Tudji.

Sementara itu, Noerdin Longgari yang merupahkan Pembina AWS menyebut, bahwa penandatanganan Pakta Integritas ini adalah komitmen AWS serta janji anggota dan pengurus AWS bersedia untuk mentaati Kode Etik Jurnalistik, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) AWS serta keputusan-keputusan Organisasi sebagai pijakan aktivitas organisasi.

Kedua, bersedia aktif sebagai pengurus dan anggota AWS, serta bersedia diberhentikan sebagai pengurus dan atau anggota AWS, jika tidak menjaga harkat, maratabat, citra, integritas dan kredibilitas profesi kewartawanan dan Pers Nasional maupun AWS,Pengurus dan Anggota AWS sanggup  tidak menjadi anggota dan atau pengurus pada organisasi wartawan lainnya yang berbadan hukum pers baik di tingkat Nasional dan Deerah ( Sesuai Pasal 14 ayat 1 Anggaran Dasar AWS ).

“Pakta integritas dinilai perlu dilakukan sebagai komitmen dan penguatan anggota dan pengurus AWS dalam menjalankan roda organisasi yang lebih aktif dan lebih berkualitas. Ini merupakan panduan agar apa yang menjadi target kerja di AWS sebagai anggota dan pengurus bisa berjalan dengan baik,” ungkap Noerdin Longgari.

Noerdin juga menjelaskan, bahwa Pakta integritas tersebut merupakan pedoman yang penting bagi suatu organisasi utamanya AWS agar bisa bekerja secara profesional dan lebih baik sesuai dengan AD ART dan  peraturan organisasi (PO) AWS yang berlaku.

Ia menambahkan, bagi para pengurus, ketua dan wakil ketua AWS. Tidak hanya berhenti sampai di penandatanganan saja, namun semua yang telah direncanakan dalam berorganisasi ada evaluasi apakah sudah mencapai target atau belum. Dari situlah kita bisa melihat progres yang terjadi. ( dji ).

Related Articles

Back to top button