Ekbis

BI Jatim Gelar Sosialisasi Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Nasional melalui BI – Fast

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sebagai upaya untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi.Kali ini Bank Indonesia ( BI ) menyelenggarakan Sosialisasi Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Nasional melalui BI – Fast.

Bertempat di Sheraton Hotel Surabaya, Kegiatan Sosialisasi BI – Fast tersebut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto , Deputy Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, Anggota DPR RI Komisi XI , Indah Kurnia .

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto menyampaikan, bahwa sosialisasi akselerasi Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital Indonesia melalui BI -Fast ,sebagai sebuah kegiatan yang penting.Dan pada Sosialisasi tersebut ada 3 Point’ yang terpenting pada peran BI Fast utamanya pada BI Fast dalam peran serta BI – Fast dalam membangun perekonomian serta harapan BI – Fast di Daerah untuk mendorong Sinergi pada program.

Budi Hanoto megungkapkan, bahwa Digitalisasi pembayaran menjadi salah satu penopang untuk berjalannnya ekonomi di masa Pandem,i sekaligus sebagai tulang punggung kebangkitan Ekonomi Nasional.

Menurut Budi Hanoto, Tranformasi pembayaran digital terus berlanjut dan menjadi Game Changer yang mengubah dorongan ekonomi tersebut,untuk sebuah upaya yang labih cepat dan bangkit lebih kuat, dalam rangka membangun perekonomian secara berkelanjutan yang bermanfaat dan dapat dirasakan secara luas, inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat.

Dijelaskan Budi Hanoto, Bank Central meraih posisi perannya untuk menjaga keseimbangan antara inovasi dan resiko yang terjadi, bahkan sekaligus menjadi konfirmasi. Untuk itu, Bank Indonesia menerbitkan Blueprint yakni sistem pembayaran Indonesia ( BSBI ) 2025 dalam Menavigasi Sistem pembayaran secara Nasional kedepan.

” Hadirnya BI – Fast menjadi Infrastruktur Pastemen yang hadir dengan stealmen pembayaran yang hadir lebih Cepat ,Murah, Mudah, Aman dan Handal atau yang dikenal dengan sebutan Cemumuah,” kata Budi Hanoto pada acara Sosialisasi akselerasi Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital Indonesia melalui BI -Fas.di Sheraton Hotel. Jumat ( 26/8/2022 ).

Tak hanya itu.Masih kata Budi Hanoto, bahwa BI – Fast di bangun untuk konsolidasi Industri secara nasional dan juga Intgrasi Keuangan Digital secara end to end juga mendukung terciptanya Ekosistem yang lebih terintegrasi, interopered ,dan juga Interkonektif.

Peran BI – Fast yang kedua. Lanjut Budi Hanoto, menjadi sangat Vital dalam perekonomian, perubahan secara total dari perilaku agen ekonomi memang membuat semua orang menggunakan Digitalisasi untuk bertransaksi yang berkembang,sehingga menuntut dukungan infrastruktur yang baik.

” Kita semua dalam melakukan pembayaran digital difasilitasi sesuatu yang sangat mobile ,cepat ,aman dan murah,” ujar Budi Hanoto.

Ia menambahkan, bahwa proyek ini memperbesar kebutuhan atas tersedianya sebuah infrastruktur Fastpaymen dan disini BI – Fast hadir.

‘ Kami melihat dengan transaksi yang efisien akan meningkatkan percepatan uang beredar sehingga mendorong perekonomian pada sektor ekonomi,’ terangnya.

Terlebih di J awa Timur , perbaikan ekonomi terus berlanjut dan saat ini sudah mencapai 5, 65 persen pada Triwulan II .

” Ini lebih tinggi dari PDB nasional dan meningkat ditahun sebelumnya, lantaran konsumsi investasi dan juga industri perdagangan, Akomodasi makan dan minum menunjukan geliat ekonomi mulai tumbuh,” tandasnya

” Peningkatan pertumbuhan ini terjadi di provinsi di tanah Jawa , dan dukungan ini tidak lepas dari dukungan sistem pembayaran digital dan juga ekosistem. Sehingga mendukung kinerja perekonomian yang lebih kokoh lagi,” imbuh Budi Hanoto

Budi Hanoto meyakini, dengan mendorong ekonomi di Jawa timur .BI tidak dapat berjalan sendiri, Pihaknya selalu bersinergi dengan berbagai pihak lain. Untuk itu, BI mengapresiasi kepada seluruh  Perbankan, Asosiasi dan berbagai Stakeholder yang secara konsisten mendukung  dan  bekerjasama dengan baik dalam mengoptimalkan Implementasi BI – Fast.

” Kami berharap kegiatan Sosialisasi BI Fast Ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat sinergi berkolaborasi antar instasi dalam menghadirkan spirit kebersamaan dan kesadaran untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” demikian ungkap Budi Hanoto ( dji ).

Related Articles

Back to top button