Life Style

Peringati Hari Batik dan Kopi Sedunia, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama Ajak Media Bekali Pelatihan Membatik dan Batik On Coffee

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober serta Hari Kopi Sedunia tanggal 1 Oktober.Kali ini, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama mengajak awak media Surabaya untuk membuat kain Batik serta membatik on Coffee.

Acara yang digelar di Venue Coffee Cafe lantai 1, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama dihadiri General Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama, Andreas Riyadi, Marcom & Sr. MICE Manager, Diane Laurential dan Karyawan Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama.

General Manager Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama, Andreas Riyadi mengatakan, kegiatan untuk membuat batik ini adalah salah satu warisan kemanusiaan untuk Budaya bangsa Indonesia.Dan bertepatan pada hari Kopi tersebut. Lanjut Andreas, Pihaknya berkeinginan untuk menggabungkan Batik dan Kopi yang menjadi salah satu seni yang kreatif.

Terlebih menurut Andreas, bahwa sejak tahun 2017, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama bersinergi dengan salah satu UMKM untuk memanfaatkan pengelolahan limbah dari hasil Hotel.

” Program ini sejalan dengan program grup Accor, Planet 21 dengan melakukan 3R, Reduce, Reuse dan Recycle. Bahwa limbah hasil hotel yang disumbangkan ke UMKM merupahkan Linen Bed Sheet ( kain ) yang sudah tidak terpakai,” ujar Andreas.

Andreas menyebut, bahwa UMKM yang memproduksi Tas dari limbah Enceng Gondok dan Tas Batik ini mengolah Linen Bed Sheet (kain) tersebut untuk dijadikan Batik yang disebut Batik Jumputan. Selain itu, masih kata Andreas, para pendamping pembuat Batik tersebut, akan mempraktekan cara membatik dengan cara atau metode Jumputan.

” Batik jumputan merupakan batik ikat celup dan awak media akan diajarkan cara membuat batik ini,” terangnya.

Sementara ditempat yang sama, Marcom & Sr. MICE Manager, Diane Laurentia menambahkan, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama ingin membuat Inovasi yakni dengan cara membatik yang dilakukan di atas Kopi.

” Kali ini kami membikin Coffee Latte Art yang merupakan salah satu seni seni melukis ( reat ) diatas secangkir kopi,” terang Diane.

Tak hanya itu, rekan – rekan Media dan Influencer Surabaya diajak berkreasi bersama dalam membatik dan membuat Coffee Latte Art. Selain itu, Barista akan membagi pengetahuannya dari awal, proses dan hasil akhir,’ ungkap Diane Laurentia.

Ia menambahkan, dengan melalui kegiatan tersebut. Pihaknya berharap untuk mendapatkan bekal ilmu serta pengetahuan tentang cara membuat batik. Selain itu, Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama terus bersinergi dengan UMKM agar tetap memberikan pelatihan membuat batik diatas kain. Tak hanya itu, Batik juga bisa dilakukan di secangkir sebuah Kopi.

” Barista juga memberikan pelatihan membuat kreasi Coffee Latte Art dengan motif batik Kawung dan batik Megamendung,” tandasnya

Dijelaskan Diane, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali kepada mereka untuk bersama – sama agar dapat meningkatkan daya kreatifitas kita.

Diane berharap, dengan kegiatan ini pula semoga Mercure Surabaya Grand Mirama ini dapat memberi manfaat bagi komunitas sekitar.Selain itu, Pihaknya berharap kedepannya dapat terus memberikan kualitas pelayanan terbaik, sehingga Hotel ini selalu menjadi pilihan untuk kebutuhan Akomodasi, bersantap, maupun penyelenggaraan berbagai acara di Kote Surabaya. ( dji ).

Related Articles

Back to top button