Ekbis

Sambut Lebaran, BI Jatim Buka Layanan Penukaran Pecahan Uang Baru Lewat Drive Thru

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Menghadapi Bulan Suci Ramadhan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia ( BI ) Provinsi Jawa Timur membuka layanan penukaran uang baru tunai melalui Drive Thru.

Bertajuk Serambi Rupiah Ramadhan, layanan penukaran uang baru melalui Inovasi BI Jatim tersebut digelar di Halaman Kantor Perwakilan BI Jalan Nomor 105, Surabaya.

Kepala Kantor Perwaikilan BI Provinsi Jatim, Budi Hanoto menyampaikan, bahwa sepanjang Bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri, BI Jatim melakukan layanan kebutuhan penukaran uang baru untuk masyarakat setempat.

” Untuk wilayah kota Surabaya selama masa Ramadhan dan idul Fitri, BI menyediakan uang pecahan baru sebanyak 12 triliun, sedangkan untuk wilayah jawa timur 23 triliun,” kata Budi Hanoto usai mengelar acara Kick – of Serambi Rupiah Ramadhan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur pada Sabtu, ( 9/4/2022 ).

Budi Hanoto menjelaskan, bahwa dengan kebijakan sistem pembayaran ini. BI Jatim memenuhi kebutuhan uang kartar bagi masyarakat dengan nilai uang yang cukup, layak edar dan pecahan rupiah yang cukup bagi masyarakat.

” Dengan adanya penukaran uang baru ini, bank Indonesia tidak hanya menyediakan uang yang cukup.Namun, penyediaan penukaran uang juga tersedia dan tersebar di 290 titik bank – bank yang ada di surabaya,” terang Budi Hanoto.

Selain itu.Lanjut Budi Hanoto, Bank Indonesia juga melakukan Kas Keliling yang dilakukan pada hari Senin dan Rabu dengan menggunakan kendaraan.

” Penyediaan tukar uang menggunakan mobil keliling yang ada di dua titik yakni di perpustakaan BI Mayangkara dan di De Javasche Bank,” tandasnya.

Namun untuk penukaran uang tersebut, Masih Budi Hanoto, Pihak penukar wajib menggunakan aplikasi bernama pintar.bi.co.id.

” Tinggal masuk form langsung cepat dan sangat efisien dan pecahannya maksimum senilai tiga juta delapan ratus ribu rupiah,” ungkapnya.

” Pecahannya dua puluh satu pax senilai dua juta, sepuluh ribu satu pax senilai satu juta dan pecahan lima ribu seperempat senilai limaratus ribu serta dua ribu per pax dua ratus ribu rupiah kemudian seribu per pax senilai seraus ribu sehingga total tiga juta delapan ratus ribu ( 3.800.000 ),” imbuh Budi Hanoto.

Budi Hanoto menghimbau kepada suruh perbankan di Jawa Timur dalam layanan penukaran uang baru tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara Ayu Andira warga Kalimantan Selatan saat menukarkan uang pecahan baru mengaku sangat terbantu dengan uang baru ini dan sangat dimudahkan tanpa ada kesulitan sama sekali

Untuk diketahui, pada layanan penukaran uang baru lewat Drive Thru di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur jalan Pahlawan 105, Surabaya, dilaksanakan pada hari Sabtu ( 9/4 ) , Minggu ( 10/4 ), Sabtu ( 16/4 ) , Minggu ( 17/4 ) Sabtu ( 23/4 ) Minggu ( 24/4 ) dan dimulai di sesi 1 pukul 09.00 WIB dan Sesi 2 dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. ( dji ).

Related Articles

Back to top button