Ekbis

Bertajuk “Serambi” 2023, Bank Indonesia Prov.Jatim Lakukan Kick Off Pelayanan Penukaran Uang bagi Masyarakat

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Menjelang Ramadhan dan Lebaran, uang pecahan kecil sangat dibutuhkan oleh masyarakat.Tak ayal, uang tersebut sebagai kebutuhan uang lebaran bagi anak – anak ( Angpao ) maupun untuk THR.

Oleh karena itu, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah melakukan Kick Off untuk Layanan penukaran uang bagi masyarakat.

Melalui program bertajuk ” Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri ” ( Serambi ) 2023 kegiatan tersebut digelar di Halaman Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu ( 25/3/2023 ).

Hadir pada kegiatan Kick Off Serambi 2023 tersebut yakni, Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, Anggota Komisi XI DPR – RI, Indah Kurnia.

Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto menyampaikan, bahwa kegiatan pada program Serambi 2023 tersebut ada 3 hal yakni,

1. Bank Indonesia ingin memastikan ketersediaan uang yang dibutuhkan masyarakat sudah tercukupi baik dari segi jumlah uang maupun pecahan rupiah.

2.Layanan Kas yang sudah tersedia di tiga ( 3 ) tempat yaitu,

1.Counter Perbankan dan BPR,
2.layanan penukaran melalui Drive Thru dengan maksimum penukaran uang sejumlah Tiga Juta Delapan Ratus Ribu ( 3.800.000 ) Rupiah, 3.Kas Keliling yang ada di pos – pos ( Rest Area, Stasiun, Pasar,dan melalui Qris ).

3. Sosialisasi cinta terhadap uang rupiah.

Untuk memudahkan masyarakat, layanan penukaran uang juga disediakan bagi peziarah di area 5 makam wali songo di Jawa Timur yakni, Makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Gresik, dan Sunan Bonang Tuban.

Selain itu, BI Provinsi Jatim juga bekerjasama dengan Perbankan membuka 500 titik layanan penukaran di seluruh kantor Perbankan wilayah kerja BI Jatim.

Untuk penukaran di Bank umum dibuka setiap hari Selasa hingga Kamis pada pukul 08.30 WIB hingga 11.30 WIB, sementara untuk BPR buka setiap Senin dan Jumat pukul 08.30 s.d 11.30 WIB.

Untuk layanan drive thru, dimulai 25 Maret hingga 16 April 2023, dan dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu berlokasi di halaman kantor BI Jatim. Terdapat 2 sesi layanan yang masing – masing akan melayani 1000 penukar, yakni sesi I pada pukul 09.30 WIB hingga 11.30 WIB, serta sesi II pada pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Budi Hanoto menambahkan,untuk target penukaran uang di Wilayah Jawa Timur, Bank Indonesia telah menyiapkan dana sejumlah 24,5 Triliun dan meningkat sekitar 8,4 persen dibanding dengan tahun lalu hanya sekitar 22,6 triliun.

Sedangkan untuk Wilayah Kota Surabaya ( Gerbangkertasusila). Lanjut Budi Hanoto, Bank Indonesia menyiapkan sekitar 12, 6 Triliun dan meningkat sekitar 11,5 persen dibandingkan dengan tahun lalu yakni 11,3 Triliun.

Budi Berharap, dengan adanya program Serambi dan Drive Thru 2023, Pihaknya mengajak semua masyarakat untuk selalu melakukan penukaran uangnya ditempat yang resmi dan tidak ada pungutan biaya.

Disamping itu, untuk pengamanan pelayanan penukaran uang tersebut.Bank Indonesia telah bersinergi bersama pihak Polresta,Brimob, Dishub, dan Sat Pol PP kota Surabaya. ( dji ).

Related Articles

Back to top button