Politik

Lurah Peneleh Ajak Warga Kembangkan Kampung Berkonsep Kawasan Wisata Cagar Budaya

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sebagai upaya untuk menarik para pecinta wisata Cagar Budaya atau bangunan rumah yang bersejarah di Kawasan Jalan Peneleh. Kali ini, Skundario Kristian Indra Putra, ST selaku Lurah Peneleh mengajak warganya untuk dapat mengembangkan wisata cagar budaya.

” Kalau dilihat dalam salah satu gang di jalan pandean terdapat empat ( 4 ) tipe arsitektur yang berbeda – beda,” kata lurah Peneleh, Skundario Kristian Indra Putra, ST.

Ia menyebutkan, empat ( 4 ) tipe arsitektur dalam bentuk bangunan rumah tersebut memiliki ornamen bangunan rumah bersejarah.

” Empat tipe tersebut adalah tipe Kolonial, Jawa, Jenky ( Jaman pergerakan kemerdekaan ), Hydred ( Bangunan rumah berbentuk Jawa dan Cina ),” ujar Skundario.

Tak heran, apabila bangunan rumah bersejarah ini kita kenalkan kepada masyarakat dalam sebuah konsep berbentuk wisata.

” Kita ingin angkat atau kita jual dalam bentuk sebuah konsep wisata bagi teman – teman yang hobi arsitek ataupun sejarah ini akan lebih menarik,” terangnya.

” Terlebih bangunan rumah yang memiliki cagar budaya disini sangat unik,bahkan tidak ada ditempat lain,” imbuh pria jebolan Arsitektur.

Oleh karena itu.Skundario berharap, dengan adanya wisata berkonsep cagar budaya ini warga dapat memanfaatkan perekonomian dengan cara mengembangkan tempat tersebut.

” Kita bisa mengedukasi warga, bahwa wilayahnya ada sesuatu yang menarik ( wisata cagar budaya ) untuk bisa dijual sehingga dapat mengangkat ekonomi mereka dengan cara membuka usaha kecil – kecilan maupun cafe yang dapat diekplore,” ungkapnya.

Untuk itu, Pihaknya bersama warga untuk berperan aktif dalam meningkatkan kawasan tersebut menjadi kawasan yang lebih dikenal oleh masyarakat.

” Warga juga berperan aktif untuk membantu kita supaya lebih cepat dalam mengakselerasi untuk membuat kawasan Peneleh ini lebih dikenal,” pungkas skudario. ( dji ).

Related Articles

Back to top button