Ekbis

Tutup Layanan Penukaran Uang Baru Melalui Drive Thru,BI Jatim Catat Nominal Angka 60 M.

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Layanan penukaran uang baru melalui Drive Thru di Kantor Bank Indonesia ( BI ) wilayah Provinsi Jawa Timur periode ramadhan dan Idul Fitri 1444 H resmi ditutup pada Minggu ( 16/4/ 2023 ).

Tercatat untuk penukaran uang baru di Bank Indonesia ( BI ) Wilayah Jawa Timur sebanyak 15.265 dari masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan Bandoe Widiarto, Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim.Bahwa sampai l dengan minggu (16/4/2023 ) terakhir Ramadhan, BI Jatim telah melayani penukaran melalui drive thru dengan nominal mencapai hampir 60 miliar Rupiah,” kata Bandoe saat menggelar konferen pers di Halaman Kantor BI Jatim. Minggu ( 16/4/2023 ).

Ia menjelaskan, untuk layanan penukaran melalui Drive Thru pada akhir pekan, merupakan salah satu dari tiga ( 3 ) layanan kas yang digelar BI Jatim.Bahkan, lanjut Bandoe, Inovasi tersebut merupakan bentuk fasilitasi BI Jatim untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak sempat melakukan penukaran uang di hari kerja.

” Melalui aplikasi PINTAR, penukaran drive thru berlangsung dengan tertib, kondusif, dan efektif. Terlebih layanan ini tidak hanya mengakomodasi penukaran dengan uang tunai saja, melainkan juga bisa dengan QRIS, sehingga transaksi masyarakat lebih praktis dan terjamin keamanannya,” tandas Bandoe.

Sementara ditempat yang Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia menambahkan. Pihaknya sangat mengapresiasi terobosan kebijakan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah yang dilakukan Bank Indonesia.

“Dengan semangat membangun kedaulatan Sistem Pembayaran, baik tunai maupun non tunai, Bank Indonesia selalu hadir dengan berbagai inovasi yang tidak hanya aman, tetapi juga memudahkan dan membantu masyarakat untuk menghindari perilaku konsumtif,” ujar Indah Kurnia yang turut hadir pada penutupan layanan penukaran uang melalui Drive Thru.

Untuk diketahui, dalam rangkaian kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri ( SERAMBI ) 2023, BI Jatim telah melayani penukaran melalui Kas Keliling Ziarah Wali di area Makam Sunan Ampel, Surabaya pada tanggal 29 Maret 2023, dan Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik tanggal 6 April 2023.

Selain itu, BI Jatim juga menyiapkan program Peduli Mudiknya untuk memberikan layanan penukaran di Bandara Juanda dan Rest Area Tol Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo.

Bandoe juga menghimbau kepada masyarakat, agar bijak dalam melakukan berbelanja,menurutnya belanjalah sesuai dengan kebutuhan dan hindari belanja bukan dari keinginan.

Selain itu. Masih kata Bandoe, masyarakat juga disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya saat mudik karena BI Jatim telah menyiapkan pemenuhan Uang Pecahan Besar guna kebutuhan ATM perbankan yang tersebar di Jawa Timur.

Bank Indonesia memberikan kelancaran sistem pembayaran non tunai yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal, seperti QRIS, BI-FAST, termasuk penyediaan sarana top up Kartu Uang Elektronik di tol. ( dji ).

Related Articles

Back to top button