Pendidikan

Program Rotary Youth Exchange Surabaya Berangkatkan 7 Siswa – Siswi ke Berbagai Negara

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sedikitnya tujuh ( 7 ) pelajar dari siswa -siswi asal Surabaya akan diberangkatkan Rotary Club’ Surabaya ke berbagai Negara.

7 siswa – siswi yang akan diberangkatkan tersebut sebagai upaya untuk mengikuti pembelajaran tentang keaneka ragaman bentuk toleransi yang ada negara tersebut.

” Jadi anak – anak kita harapkan nantinya untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa indonesia yang bisa berada di level nasional atau internasional,” kata Ketua Koordinator Rotary  Youth Exchange  wilayah Surabaya, Enny Ambarsari ditemui Klenteng Ba De Mioao – Royal Residence Surabaya. Sabtu ( 3/6/2023 ).

” Tak hanya itu, kami juga ingin membekali mereka tentang berbagai keanekaragaman toleransi di dunia,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, bahwa siswa – siswi yang belajar di negara ini di fokuskan untuk menggali ilmu tentang kultur budaya di suatu negara

” Mereka tidak harus bisa mendapatkan nilai mata pelajaran,namun mereka hanya berfokus belajar tentang budaya,” tandasnya.

Baca juga : Mahasiswa Petra Christian University Beri Edukasi Pentingnya Konsumsi Gula Sehat pada Anak Playgroup dan Kindergarten SKE 

” Tapi proses untuk sekolah  kewajiban bagi mereka.sebaliknya kalau tidak sekolah mereka akan dipulangkan,” imbuh Enny

Ia mengungkapkan, Rotary Club’ Surabaya akan memberangkatkan 7 siswa -siswi dari 3 Rotary Club’ sponsor  di Surabaya,dari Rotary Club’ Surabaya Persada ada 4 siswa yang bakal diberangkatkan ke negara Amerika, Finland, Belgia, dan Perancis. Sedangkan untuk 2 siswa dari Club’ Rotary Surabaya Kaliasin diberangkatkan ke Jerman dan Belanda. Selanjutnya 1 siswa berasal dari Rotary Club’ Surabaya Darmo akan memberangkatkan ke  Negara Amerika.

” Jadi kita nanti akan menerima tujuh (7) siswa dari negara tersebut,” ujarnya.

Rotary yang sudah tersebar di 200 Negara  serta dalam perjalanannya yang sudah berumur 118 tahun anak – anak  berusia 15 hingga 17 tahun yang mengikuti program Rotary Youth Exchange ( RYE ) ini kedepannya akan memiliki banyak siswa dan siswi  yang berwawasan Internasional.Pasalnya, selama mengikuti program RYE tersebut siswa akan dibekali ilmu untuk mempelajari tentang  budaya dan beraneka keragaman.

” Program ini lebih spesifik untuk kerjasama antara club’ to club,yang mana Rotary Club’ surabaya dapat berkoneksi dengan Club’ Rotary negara lain,” terang Enny Ambarsari.

Sementara siswi bernama Nuur Raudhah Tahliyatusyifa asal SMA Muhammadiyah Pucang Surabaya menambahkan, bahwa bakat yang dimilikinya ini akan menjadi modal untuk bisa dikembangkan di negara.

” Saya memiliki bakat dibidang ilustrasi dan seni saya harapkan talenta ini senantiasa dapat dikembangkan di negara finland ,”  pungkas  perempuan yang kerap disapa  Tahliyah. ( dji )

Related Articles

Back to top button