Pendidikan

Ribuan Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Surabaya Ikuti OSMB

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Universitas Terbuka ( UT ) Surabaya kembali menerima Mahasiswa Baru.Kali ini, sejumlah ribuan Mahasiswa baru mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru ( OSMB ) pada tahap 1 Semester Genap 2023/2024,di Hotel Santika Premiere Gubeng, pada Sabtu (24/2/2024 ).

Menurut Dr.Suparti MPd selaku Direktur UT Surabaya mengatakan,bahwa untuk tahun ini dari mahasiswa baru yang mendaftar di UT Surabaya paling banyak ada dari daerah Surabaya,Sidoarjo,Gresik,dan Mojokerto.

Dia mengungkapkan,Mahasiswa baru UT Surabaya ada yang juga dari luar Jawa.Namun,meraka sembari bekerja disini.Kendati begitu,jumlah calon Mahasiswa Baru yang mendaftar sudah mencapai 9.000 Mahasiswa baru,tapi hari ini yang ikut OSMB hanya sekitar 2 ribuan.

Kegiatan yang digelar selama dua hari mulai Sabtu ( 24/2 ) hingga Minggu ( 25/2 ) diikuti sebanyak 2.139 Mahasiswa baru digelar secara daring dan luring.

Kegiatan OSMB tersebut merupahkan kegiatan yang memberikan edukasi kepada Mahasiswa baru untuk lebih dikenalkan terkait Perrkuliahan, seperti Sistem Pembelajaran,Layanan Akademik hingga Kemahasiswaan.

“OSMB ini sebagai beka mahasiswa menjalani perkuliahan di UT. Mereka akan mendapatkan berbagai informasi yang akan membantu menjalani perkuliahan,” kata Suparti ditemui usai acara pembukaan OSMB,Minggu ( 25/2/2024 ) di Hotel Santika Premiere Gubeng.

Suparti menjelaskan,ini adalah salah satu merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan berbagai keunggulan, seperti fleksibilitas waktu dan tempat belajar, biaya yang terjangkau, hingga akses yang luas.

” Mahasiswa baru ini dapat melakukan belajar dengan jarak jauh,meskipun mereka berada dimanapun,” terangnya.

Suparti berharap,dengan OSMB tersebut dapat memberikan bekal yang optimal bagi para mahasiswa baru UT Surabaya dalam menjalani perkuliahan di UT Surabaya ini

” Diharapkan mereka dapat mencapai hasil prestasi yang terbaik dalam studi mereka,” tandasnya.

Dia menambahkan, dalam pembelajaran secara daring yang diterapkan di UT Surabaya ini ada dua cara,yang pertama yakni melalui Sinkronus dan Ansinkronus.
Adapun Sinkronus,kata Suparti yakni pembelajaran yang diterapkan melalui zoom,sedangkan Asinkronus,yakni pembelajaran diunggah pada hari Senin.Dan Mahasiswa tidak harus mengikuti jam mengajar, namun dapat dilihat secara batas waktu dalam seminggu.

” Asinkronus merupahkan pembelajaran yang paling diminati oleh mahasiswa,sebab waktunya lebih Fleksibilitas,” ungkapnya.

Adifah salah satu Mahasiswa baru asal Madiun mengatakan,dengan mengikuti pembelajaran yang dilakukan di UT tersebut sangat memberikan bekal yang baik terkait pelatihan pembelajaran secara digital.

” Kami diajarkan cara pembelajaran secara online, membaca bahan digital online, dan tugas – tugas perkuliahan,” ujar perempuan yang mengambil Fakultas Management.

Dia berharap pada saat memasuki perkuliahan nanti tidak ada kendala hingga selesai pada masa acara wisuda.

” Ketika masuk perkuliahan semoga lancar dan mudah meraih cita – citanya,” pintahnya. ( dji ).

Related Articles

Back to top button