Ekbis

Gelar Ejavec 2024,BI Jatim Paparkan Berbagai Perkembangan Potensi di Jatim

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Erwin Gunawan Hutapea menyampaikan, bahwa perkembangan ekonomi Jawa Timur di tahun 2023 masih melambat di banding pada tahun 2022.Kendati demikian,ekonomi Jawa Timur tumbuh signifikan.

” Secara keseluruhan, pertumbuhan perekonomian di jawa timur tumbuh 4, 94 persen dengan angka Inflasi yang terjaga di kisaran rentang 3 persen plus minus 1,” kata Erwin kepada awak media usai membuka kegiatan acara BI yang dikemas Jatim Talk Road to East Java Economic Forum ( Ejavec ) 2024,pada Selasa ( 26/3/2024 ) di Vasa Hotel, Surabaya.

” Dan pencapaian yang patut disyukuri,” imbuh Erwin.

Sementara pada kegiatan Jatim Talk Road to Ejavec 2024 yang dikemas dengan ” Optimalisasi Sektor Ekonomi Unggulan dan Stabilitas Harga untuk Memperkuat Ketahanan dan Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur ” Kepala Perwakilan BI Prov.Jatim Erwin juga menanggapi terkait kondisi Acloc ekonomi Global 2024,termasuk pada perekonomian di Jawa Timur.

Diungkapkan Erwin,bahwa ekonomi Global ini masih tetap melambat dikarenakan adanya ketegangan Geopolitik di Laut Merah,sehingga memberikan tantangan yang terkait adanya Import dan Eksport.

Sementara di Diskusi kegiatan,BI juga memaparkan pada sektor – sektor unggulan yang menjadi potensi di Jawa Timur untuk bersama kita dorong,agar ekonomi jatim di Tahun 2024 bisa tumbuh lebih baik

” Kita bisa tumbuh pada rentang 4,7 hingga 5,5 persen dan yakin inflasi tetap terjaga 2,5 plus minus 1 persen,” tandas Erwin.

Tak hanya itu,kata Erwin, pada Diskusi ini pihaknya juga memaparkan potensi dan tantangan yang dihadapi serta upaya yang perlu kita lakukan dalam mendorong agar stabilitas di Jawa Timur tetap terjaga.

Erwin menambahkan,dalam rangkaian Ejavec 2024 ini,Bank Indonesia bekerjasama ISEI untuk menggelar Lomba karya Ilmiah yang dibuka secara uumu.Bahkan, dalam giat ini Pihaknya akan mengundang usulan – usulan pemikiran, dan solusi kreatif terkait bagaimana dalam mengoptimalkan potensi ekonomi Jawa Timur dan Stabilitas tetap terjaga serta Jawa timur tetap terus melaju.( dji )

Related Articles

Back to top button