Umum

Sambut HUT ke – 46, Taman Budaya Jatim Bakal Gelar Festival Kresnayana Dengan Lakon Suryaning Jagad

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Menyambut Hari Ulang Tahun ( HUT ) Taman Budaya Jawa Timur ke-46, kegiatan bakal diramaikan dengan pertunjukan pagelaran Festival Kresnayana dengan lakon Suryaning Jagad.

Pagelaran Festival tersebut, digelar di Taman Budaya Jawa Timur,Sabtu ( 18 /5/2024 ) pukul 20.00 WIB. Namun, untuk memperluas siaran jangkauan, festival tersebut juga akan disiarkan secara live melalui channel YouTube Cak Durasim, Pemkab Blitar, dan Blitar Land of Kings.

Sehari sebelumnya, tepatnya pada Jumat, 17 Mei 2024, akan dilakukan acara ziarah ke makam Cak Durasim pukul 14.00 WIB.

Selain itu, akan diadakan Bazar dan Pameran Produk kreatif UMKM unggulan dari Kabupaten Blitar, serta workshop menarik bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar.

Pameran produk kreatif bertajuk “Blitar: Land Of Kings” ini merupakan bagian dari rangkaian acara memperingati 46 tahun UPT Taman Budaya Jawa Timur, yang menampilkan produk-produk unggulan khas Kabupaten Blitar, mulai dari kuliner, fashion, hingga craft.

Festival Kresnayana ini diilhami dari eksplorasi relief Candi Penataran yang mengangkat kisah Sri Krisna atau Narayana, sebuah figur pewayangan yang mencerminkan kecerdasan, kebersahajaan, kecerdikan, kebijaksanaan, ketegasan, dan keberanian dalam menegakkan keadilan.

Lakon “Suryaning Jagad” akan membawa penonton kepada pemahaman tentang sifat adil dan bijaksana yang melekat pada Sri Kresna sebagai Awatara Wisnu, sang penerang dunia.

Namun, di sisi lain, Supala dengan seratus kesalahannya, kesombongannya, keserakahannya, dan ambisinya untuk menaklukkan dunia menjadi api yang membakar kedamaian.

Konflik pun muncul saat Supala terjerumus dalam hawa nafsu untuk menggoyah cinta Dewi Rukmini dari Kresna, sebuah kesalahan yang tak termaafkan dan mengantarkan jiwa raganya ke dalam periasan tajam Cakra Sudarsana.

Festival Kresnayana diharapkan dapat menjadi momentum yang menginspirasi serta memberikan hiburan yang mendalam bagi masyarakat Blitar dan sekitarnya, sambil tetap menghormati dan melestarikan kearifan lokal serta warisan budaya Jawa Timur.( * )

Related Articles

Back to top button