Pendidikan

Mahasiswa Unesa Gelar KKN di Wilayah Kelurahan Putat Jaya

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) Semester Genap Tahun Akademik ( TA ) 2021/2022 menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di Wilayah RW XIII Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Kota Surabaya.Senin ( 27/6/2022 ).

Sebanyak 15 Mahasiswa dan Mahasiswi ini melakukan KKN mulai tanggal 7 Maret hingga 28 Juni 2022. Kegiatan tersebut disambut langsung baik oleh Lurah Putat Jaya, Bryan Ibnu Maskuwaih.

Dalam penerimaan mahasiswa KKN, peserta yang hadir didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Lifa Farida Panduwinata S.Pd,. M.Pd, Guru TPA dan pemuka masyarakat dari RT di wilayah RW XIII Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya.

Lifa Farida Panduwinata S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Pihaknya sangat berterima kasih karena anak-anak diterima dengan baik dan berharap kegiatan KKN tersebut bisa berjalan dengan lancar serta dapat meningkatkan Senin Budaya literasi di Daerah Putat Jaya.

Mahasiswa melakukan pengabdian mereka di RW XIII yang berada di kawasan Eks Lokalisasi Dolly dikarenakan banyak potensi yang bisa dikembangkan.

Sementara Wahyu Iswara perwakilan dari Kelurahan Putat Jaya dalam menambahkan,pihaknya mengaku bangga dengan pelaksanaan KKN dari Mahasiswa Unesa yang digelar wilayah RW XIII”.

“Kami sangat menerima dengan baik mahasiswa dan mahasiswi KKN ini dan kami juga berharap bagaimana menciptakan suatu keberhasilan dari apa yang direncanakan,” terangnya

Setiyowati, S.Pd selaku Ketua RW XIII mangaku sangat senang dan antusias dengan adanya kedatangan Mahasiswa KKN Unesa

“Kami warga RW XIII sangat senang mahasiswa turun untuk berbagi keahlian dengan kamu, semoga semua kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

“Kami memilih lokasi KKN disini dikarenakan warga dan anak-anak memiliki potensi yang dapat dikembangkan dan juga lokasi yang strategis menjadi alasan yang kuat,” terang  Iqbal selaku Ketua Kelompok KKN Surabaya 17 Unesa.

Pada pengabdian ini yang mengambil tema “Fun In Learning“ Optimalisasi potensi masyarakat RW XIII Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan keterampilan anak usia TK-SMP yang terdampak pandemi Covid-19, terdapat beberapa kegiatan yang dibagi menjadi dua program, yakni program utama dan program pendukung.

Program utama terdiri atas tiga program, yakni Kampung Dongeng, Mari Belajar (MaBar), Belajar bareng Bahasa dan Budaya Mandarin Jepang (Bunda Manja).
Sedangkan program pendukung, yakni Bakane Anak, Media Belajar (MeBel), Cerdas Cermat (Camat), Melukis Telenan Bersama Ibu dan Anak (Meluk Te Ida), Ramadhan ceria (Racer), dan Putat Unjuk Bakat (Pukat).

Harapan dari kelompok KKN Surabaya 17 Unesa yang berakhir besok hari Selasa (28/6/2022) untuk masyarakat yakni agar pengabdian yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan berkelanjutan untuk masa depan khususnya terhadap anak-anak Putat Jaya yang menjadi generasi penerus yang mengedepankan budaya literasi sejak dini. pungkasnya.(*)

Related Articles

Back to top button