Memiliki Silsilah Keturunan Leluhur Kyai Sidosermo, Eri Cahyadi Pantas Pimpin Walikota Surabaya

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Tradisi berziarah ke makam untuk mendoakan leluhur merupahkan salah satu ciri khas yang dilakukan bagi para Ulama, tak terkecuali kaum Nahdlatul Ulama yang sudah berakar lama.Hal ini yang dilakukan Relawan Gus Eri Cahyadi ( RGEC ) Tawasulan ke Makam Sayyid Ali Asghor Basyaiban.

Agar Eri Cahyadi bisa menang, puluhan warga yang tergabung RGEC kembali menggelar kegiatan. Kegiatan yang dipusatkan di wilayah Sidosermo ini adalah menggelar tahlilan di makam Sayyid Ali Asghor Basyaiban.

” Kami hanya ingin melestarikan tradisi NU,” kata Ulya Abdillah ditemui awak media pada.Kamis ( 15/10/2020 )

Selain dihadiri RGEC, kegiatan tersebut diikuti perwakilan dari 15 MWC RGEC dan juga para Mas ( sebutan keturunan Sayyid Sulaiman ) yang berada di Daleman Sidosermo juga masyarakat setempat.Meskipun ditengah pandemi, kegiatan ini berjalan dengan aman dan penerapan sesuai protokol kesehatan.

” Dari daftar hadir yang ada di panitia tercatat 70 orang yang hadir, mungkin kalau kondisi normal bisa sangat banyak, ini karena ada Covid-19, jadi panitia membatasinya,” ujarnya.

” Kita bertawassul disini agar perjalanan Gus Eri Cahyadi menuju Surya satu tidak ada halangan dan terkabul,” imbuh Ulya Abdillah.

Ditempat yang sama, KH. Nasrochuddin mengungkapkan, bahwa dengan ziaroh ke makam Sayyid Ali Asghor Basyaiban sangatlah tepat karena seluruh Ulama Jawa Timur sambung sanad Ilmunya kepada Beliau.

” Mbah Kholil Bangkalan dan Mbah Hasyim Asy’ari tidak pernah menjadi santri beliau, akan tetapi guru-guru beliau sambung terhadap Sayyid Ali Asghor Basyaiban,” ungkapnya.

Ia menilai, kegiatan yang dilakukan RGEC merupahkan kegiatan yang sangatlah tepat, pasalnya dengan mengunjungi dan berdoa kepada ALLAH, semoga Eri Cahyadi dapat terpilih untuk memimpin kota Surabaya

” Pada malam hari ini Relawan Gus Eri Cahyadi Ziyaroh ke Maqbaroh Sayyid Ali Asghor Basyaiban untuk tawasulan, agar dalam pemilihan Wali Kota Surabaya Gus Eri Cahyadi mendapatkan Pertolongan dari Alloh SWT dan dikabulkan oleh Alloh SWT Gus Eri Terpilih Sebagai Wali Kota Surabaya,” terang KH.Nasrochuddin

Terlebih.Masih kata KH. Nasrochuddin, bahwa Gus Eri Cahyadi ini bila dirunut keatas masih nyambung kepada Maqbaroh Al Imam Sayyid Ali Asghor Basyaiban.

“Gus Eri Cahyadi dari jalur ibu, bersambung silsilah keluarganya dengan para Kiai Sidosermo Dalam. Ibunya adalah Mas Ayu Esa, putri dari Mas Abu Bakar. Kata Mas pada awal nama seorang laki maupun perempuan adalah sebutan untuk keturunan Sayid Sulaiman” ujarnya.

” Mbah Sayyid Sulaiman sendiri ulama berpengaruh dijaman Majapahit ketika Islam mulai ada .dan beliau dimakamkan di Mojoagung Jombang” imbuh KH. Nasrochuddin,

Usai acara, KH.Nasrochuddin berharap agar dalam proses kemenangan Eri Cahydi harus diraih dengan cara- cara yang baik.
” Hindari cara-cara kotor dan money politik,” pintahnya

Karena itu melihat leluhurnya Gus Eri Cahyadi, para kyai ketika dimintai pendapatnya mengatakan bahwa Eri Cahyadi harus maju Walikota, kalau wakil mending tidak usah maju.

ini membuktikan bahwa Eri Cahyadi paling tepat pimpin Surabaya menggantikan kebaikan kebaikan yang telah dilakukan oleh Risma, Walikota saat ini. ( Dji )