Ekbis

Pesona Kopi Gelaran Java Coffee Culture 2022 Mencapai Target 10 Miliar

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Bank Indonesia terus gencarkan pengembangan komoditas unggulan Kopi.Kali ini melalui Gelaran Pesona Kopi Jawa yang merupahkan rangkaian puncak acara Java Coffee Culture ( JCC ) 2022 di Jalan Tunjungan,Surabaya.

Berbagai kegiatan JCC 2022 digelar di sepanjang Jalan Tunjungan, mulai dari suguhan yang menarik untuk masyarakat seperti, Showcase Kopi Nusantara, Kreasi Jajanan Pasar, dan juga Atraksi Carnival.

Puncak acara JCC 2022 tersebut dihadiri langsung Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, Sekdaprov Jatim, Adhi Karyono.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto dalam sambutannya mengatakan, bahwa gelaran JCC 2022 diawali pada hari pertama dengan sejumlah kegiatan seperti EduCoffee (coffeetalk dan coffeepreneur), Cupping Experience ( business matching ), Workshop Brewing, Showcase UMKM, dan berbagai Lomba serta kompetisi.

Menurut Budi Hanoto, pada puncak JCC 2022 di hari kedua ini, jumlah pengunjung sudah mencapai angka 5.329 orang.Sementara bagi peserta yang mengikuti acara EduCoffee dan Workshop Brewing, dihari pertama mencapai 1.945 peserta dari kalangan umum dan 33 peserta dari pelaku UMKM.

” Hal ini tentunya menandakan kecintaan masyarakat terhadap produk kopi di Jawa yang sangat tinggi,” kata Budi Hanoto dalam sambutan puncak acara JCC 2022 di Jalan Tunjungan.Minggu ( 27/11/2022 ).

Ia menambahkan, beberapa program Business Matching yang telah dilalui UMKM kopi seperti Cupping Test dengan mengklasifikasikan Kualitas dan Citarasa kopi sebagai proses Quality Control, Cupping Experience oleh para Buyer, serta kerjasama Platform Digital untuk pemasaran kopi.

” Business matching yang diikuti oleh 42 UMKM yang terdiri dari UMKM binaan BI dan mitra BI yang berpartisipasi ,bahkan nilai transaksi mencapai 10 milliar dari target sebelumnya yang hanya 3 miliar,” terang Budi Hanoto.

Sementara ditempat yang sama, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia menambahkan. Pihaknya mengapresiasi Bank Indonesia dengan Ivent JCC 2022 yang digelar pada tahun pertama ini,semoga pada ivent selanjutnya Bank Indonesia bisa menggelar Ivent yang sama.Namun, JCC berikutnya bisa serentak digelar secara Nasional.

” JCC 2022 baru dimulai di Jawa Timur dan Jawa, kami mengapresiasi BI dan stakeholder yang mendukung program kegiatan tersebut.semoga kegiatan ivent ini tidak berhenti pada acara disini saja.Namun harapan kami kedepan bisa berkelanjutan,” pintah Indah Kurnia.

Senada diungkapkan Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhi Karyono. bahwa misi dagang antar provinsi maupun ke luar negeri terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, salah satunya idengan mempromosikan komoditas unggulan yakni kopi.

” Gubernur Jawa Timur saat ini melaksanakan misi dagang luar negeri di wilayah Riyadh Alexadria dengan total komitmen penjualan sebesar USD 5 juta ekspor kopi Jawa Timur,” katanya dalam sambutan acara JCC 2022.

Terlebih menurut Adhi Karyono, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berkomitmen dengan melakukan Community branding kopi, ada Arabica Ijen, Jember dan Madiun. Saat ini. Lanjut Adhi Karyono, bahwa mayoritas kopi diekspor berbentuk Green Bean.

” Ini menandakan masih ada ruang optimalisasi kreatifitas dan inovasi dalam memperkuat value added kopi dari sisi off farm yang terus digarap oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama dengan mitra strategis lainnya,” ungkapnya.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Uno yang hadir secara Virtual berharap, bahwa event JCC 2022 tersebut dapat mendukung Ekonomi Kreatif, terutama pada komoditas kopi.

” Event – event seperti ini juga diharapkan dapat terus mendukung tingkat konsumsi kopi nusantara yang terus menjadi primadona di negeri sendiri dengan tetap memberikan kualitas terbaik,” tutup Sandiaga Uno. ( dji ).

Related Articles

Back to top button