Ekbis

Dorong Pariwisata Berbasis Budaya, BI Jatim Bersama Pemerintah Daerah Gelar GBBI dan Festival Majapahit

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Upaya Pemerintah untuk meningkatkan akselerasi transformasi digital UMKM mulai digencarkan, kini melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investsi mulai digalakkan, salah satunya dengan kampanyekan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja ( GBWI ).

Bertajuk#LokalKerenJatim.pelaksanaan kegiatan tersebut digelar di bulan Agustus dan Jawa Timur sebagai tuan rumah BBI dan BWI

Wujud nyata peran Bank Indonesia se-Jawa Timur dalam pengembangan UMKM, Pariwisata, dan ekonomi syariah yang berkelanjutan, Bank Indonesia bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota serta Instansi Strategis lainnya untuk menyelenggarakan berbagai program GBBI dan program flagship (unggulan) lainnya di masing-masing wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Jawa Timur yang akan dimulai pada bulan Agustus hingga Desember 2021.

Kegiatan Festival Majapahit ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, dan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Baparekraf Kemenparekraf, Ir. Rizky Handayani.

Salah satu rangkaian kegiatan Flagship GBBI Jawa Timur dalam pengembangan pariwisata adalah Festival Majapahit yang dilaksanakan pada 25 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia Jawa Timur dan Pemerintah Kota Mojokerto untuk mendorong pariwisata berbasis budaya dan sejarah Majapahit.

Festival Majapahit dihadiri oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam negeri, dinas/instansi strategis tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, UMKM industri kreatif, pelaku pariwisata, serta para guru sejarah dan budaya di Jawa timur.

Festival Majapahit memiliki dua rangkaian kegiatan yaitu :
Webinar berjudul “Memaknai Majapahit Kini dan Nanti” yang akan dimoderatori oleh Andy F. Noya dengan menghadirkan 4 (empat) narasumber diantaranya Sejarahwan Prof. Agus Aris Munandar dan Adrian Perkasa M.A, Desainer Diana Putri, dan Maestro Tari Eko Supriyanto
Virtual Tour dengan nuansa Kerajaan Majapahit yang disajikan secara apik melalui website www.festivalmajapahit.com yang menampilkan heritage (bangunan cagar budaya) hingga budaya yang meliputi batik, pusaka, wayang, tari dan terakota, serta produk unggulan UMKM Mojokerto yang dikemas dalam pameran 3D Virtual bernuansa Majapahit.

Sebagai penanda dilaksanakannya kegiatan flagship Bank Indonesia hingga akhir Desember, akan diselenggarakan kegiatan “Kolaborasi Semarak Gerakan BBI dan Road to KKI” pada tanggal 27 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM khususnya di bidang digital. Dalam acara tersebut akan dilaksanakan National Webinar dengan tema “Digitalisasi UMKM dan Mindset Swift UMKM Memasuki Pasar Digital” yang diikuti oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam negeri, kementerian/lembaga, dinas/instansi strategis tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, serta pelaku UMKM.

Pada hari yang sama juga akan dilaksanakan pelaksanaan kegiatan Geber UMKM Sekarkijang oleh Kantor Bank Indonesia Jember. Kegiatan tersebut berupa webinar dengan tema “Turn Crisis Into Opportunity”, Business Coaching : Kiat Menembus Pasar Ekspor di Masa Pandemi, Virtual Business Matching, Virtual Exhibition.

Berbagai kegiatan flagship ini diharapkan dapat menjadi program yang berkelanjutan yang berdampak pada kemajuan UMKM dan Pariwisata di Jawa Timur serta memberikan inspirasi untuk membangkitkan semangat dan optimiste masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19. ( * ).

Related Articles

Back to top button