Ekbis

Berkolaborasi Bersama MAJ, Krista Exhibitions Bakal Gelar Pameran Bertajuk Agri Expo dan Festival Jagung Nasional 2023.

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Berkolaborasi Bersama Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ), Krista Exhibitions bakal menggelar Pameran berskala Internasional.

Bertajuk Pameran ” Agri Expo” dan “Festival Jagung Nasional” 2023. kegiatan pameran tersebut menampilkan Alsintan, Pupuk, Pengendali Hama, Pembibitan Jagung.

Pameran Festival AGRI 2023 tersebut sebagai upaya dalam mendukung peningkatan Produktivitas Pertanian sekaligus meningkatkan Perekonomian Nasional.

Pameran yang bakal digelar pada tanggal 7 hingga 9 Desember 2023 merupahkan pameran yang digelar kali ketiga dan akan dipusatkan di Grand City,Surabaya.sekaligus menargetkan sebanyak 100 peserta Pameran dan dikunjungi lebih dari 9000 pengunjung baik Lokal maupun Internasional.

Baca juga  : Krista Exhibitions Kembali Gelar Pameran Terbesar Tahunan SPE 2023

Menurut Daud D. Salim selaku CEO Krista Exhibitions memaparkan, All Agri Expo dan Festival Jagung Nasional 2023 diselenggarakan untuk menginspirasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di seluruh Indonesia.

Sehingga.Masih kata Daud, para pelaku UMKM terinspirasi mengembangkan Produk dengan Bahan Baku Jagung secara Tradisional dan Modern.

Selain itu.Lanjut Daud, untuk mengoptimalkan Sistem Budidaya Pertanian Jagung Presisi dengan peningkatan Produksi Jagung Lokal (Good Agriculture/Mekanisasi Digital Farming) guna untuk memenuhi kebutuhan Bahan Baku Pangan ( Food ) dan Bahan Baku Pakan ( Feed ) untuk pasar dalam Negeri dan penciptaan baru Pasar Global mekanisasi Market Digital (E-Commerce).

Ia mengungkapkan, bahwa Pameran All Agri Expo 2023 ini merupakan bukti keseriusan Krista Exhibitions dan Masyarakat Agribisnis Jagung ( MAJ) kepada Pelaku Usaha Agrobisnis untuk mengembangkan potensi Produk Agrobisnis Indonesia agar dapat berperan lebih besar dalam Perekonomian Nasional.

” Krista Exhibitions optimis melalui Pameran ini akan menjadi wadah berkumpulnya para Professional dan para pelaku Usaha di Industri Agro untuk bertukar pikiran, memperluas wawasan dan jaringan bisnis,” papar Daud D.Salim saat menggelar Konferensi Pers dan launching Pameran All Agri Expo dan Festival Jagung Nasional 2023.Selasa ( 18/7/2023 ).

Sementara ditempat yang sama,Sub Koordinator Jasela Kementrian Pertanian, Arnen Sri Gemala, SP,M.SI, menambahkan.Swasembada Pangan Jagung menjadi Program Strategis utama Kementrian Pertanian. Indonesia mengejar Swasembada Jagung pada Tahun 2024.

” Dikarenakan permintaan komoditas jagung untuk kebutuhan nasional terus meningkat baik untuk kosumsi dan pakan ternak serta industri makanan dan minuman,” ujarnya.

Oleh karena itu.ungkap Arnen Sri Gemala,bahwa konsep Corn Estate sangat menarik dan Direktorat Serelia Ditjen Tanaman Pangan mendorong Investor untuk ikut terlibat Pasalnya, kebutuhan Jagung sangat meningkat untuk menuju target swasembada Jagung Tahun 2024”

Hal senada diungkapkan Ketua Umum Masyarakat Agribisnis Jagung, Dr. KH.Eman Suryaman, MM. Jagung merupakan Komoditi Srategis Nasional. Pengembangan Kawasan Pertanian berkonsep Korporasi Petani dengan Skema terpadu dan berkelajutan dari Subsistem hulu – hilir dalam rangka penguatan Ekosisisten Pangan yang berkesinambungan.

Untuk itu.Imbuh Eman Suryaman, Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ) sebagai wadah Petani Jagung yang telah berdiri di 21 Provinsi dan 169 Kabupaten se Indonesia. MAJ melakukan terobosan secara Konsisten mulai Budidaya sampai Penangan Pasca Panen.

Sementara itu, tingginya Potensi Hilirisasi Industri pengolahan Jagung untuk Produksi Makanan olahan berbahan dasar Jagung juga menjadi salah satu Target MAJ agar dapat membuat Ekpansi Industri pengolahan disejumlah Wilayah yang tersebar dibeberapa titik Kawasan Agribisnis di Indonesia dan hilirisasi Jagung berskala Nasional dan Global.

Wakil Ketua Umum Masyarakat Agribisnis Jagung, Tatang Royani An- Nashiri, menegaskan, “ All Agri & Festival Jagung Nasional 2023 yang menjadi Forum pertemuan pemangku kepentingan disektor Pertanian untuk membahas isu isu Startegis Pertanian Skala Nasional.

Ia berharap, kedepannya Forum ini menjadi wadah bagi para pelaku Agribisnis serta Stakeholder untuk membangun kerjasama Government to Guverment (G2G ) Business to Bussines dalam kebijakan Pertanian, Budidaya Pertanian,Tekhnologi Pertanian dan Bisnis Sektor Pertanian diharapkan dapat menjadi ajang kerjasama antar pihak pihak yang berkepentingan.

” All Agri & Festival Jagung Nasional 2023 menginisiasi kaloborasi antara pemerintah dan bisnis pangan. Selain membahas hal terkait dengan agribisnis dan pangan adalah memunculkan tentang komoditi strategis nasional jagung, dimana MAJ sebagai Lembaga petani jagung dan wadah berhimpun bagi petani jagung menjadi lebih kuat dan terus dinamis bergerak untuk membangun pertanian,” tandas Tatang Royani An- Nashiri.

Pameran All Agri Expo dan Festival Jagung Nasional 2023 akan menampilkan berbagai Produk-Produk Olahan hasil Pertanian, Peralatan dengan Inovasi terbaru dalam Industri Pertanian yang berfungsi untuk meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas menghadirkan Program Acara Seminar dan Pelatihan dari berbagai Institusi Pemerintahan, Universitas dan Swasta, sekaligus dapat mencoba atau menguji Produk yang ditampilkan selama 3 hari Pameran berlangsung.Kesuksesan Pameran All Agri Expo dan Festival Jagung Nasional 2023.

Selain itu. Pameran ini juga di dukung oleh Kementerian, Asosiasi dan Institusi terkait. Diantaranya Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, KADIN Provinsi Jawa Timur, KADIN Kota Surabaya, Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ), Asosiasi Perusahaan Alat dan Mesin Pertanian Indonesia (ALSINTANI). ( dji ).

Related Articles

Back to top button