EkbisPolitik

Banyuwangi Pulihkan Pertumbuhan Ekonomi di Sektor Pariwisata ,Analis Senior BI : Pemerintah daerah tekankan Superteam Bukan Superman

 

BANYUWANGI : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Sektor Pariwisata adalah salah satu upaya untuk mendukung akses pemulihan Ekonomi Nasional Hal ini disampaikan Analis Senior Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Siti Rochmawati dalam acara Bincang Bareng Media 2022 bertajuk ” Sinergi Pengembangan Pariwisata untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi” Sabtu ( 10/12/2022 ) di Hotel Ketapang Indah, Banyuwangi.

” Untuk pemulihan ekonomi nasional kita fokus pada strategi 3A2P,. yakni Atraksi, Akses, Amenisis, People,dan Promotion,” kata Siti Rochmawati ditemui usai acara BBM 2022 di Hotel Ketapang Indah,Sabtu ( 10/12/2022 ).

Dia menjelaskan, seperti fokusnya terhadap salah satu akses dalam pemulihan Ekonomi di Banyuwangi dengan memperbanyak penerbangan dalam perluasan rute – rute tertentu, termasuk pada akses Infrastruktur serta berbagai kegiatan Atraksi – Atraksi yang digelar untuk menarik para Wisatawan.

” ini akan bisa meningkatkan atau memperlama durasi tinggal wisatawan – wisatawan. Pasalnya, rata – rata tinggal mereka satu setengah hari,tapi memaksimalkan menjadi empat hari tinggal. sehingga banyak devisa yang masuk untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tandas perempuan berjilbab.

Terlebih menurut Siti, untuk 2P sendiri seperti People dan Promotion, adalah memiliki peranan sangat strategis untuk meningkatkan pemulihan ekonomi melalui kemampuan .Sumber Daya Manusia ( SDM ).

” People dan promotion sangat berperan, dimana people itu sendiri sanga penting untuk meningkatkan kompetensi dari pelaku industri pariwisata maupun ekonomi kreatif lewat sertifikasi kompetensi dan juga promosi melalui media dan Chanel baik online maupun offline,” imbuh Siti Rochmawati

Oleh karena itu.Lanjut Siti Rochmawati, Banyuwangi merupahkan pilot projec yang baik terhadap sinergitas pemerintah bersama masyarakat dengan terobosan Regulasi yang memudahkan masyarakat dalam membangun ekonomi pada Sektor Pariwisata.

” Banyuwangi adalah contoh yang bagus,dengan komitmen pemerintah daerah dengan menekankan Superteam bukan Superman,sehingga sinergitas dan inovasi yang melahirkan kebijakan – kebijakan yang membantu pertumbuhan ekonomi termasuk di sektor pariwisata,” pungkas Siti Rochmawati. ( dji ).

Related Articles

Back to top button