Sospol dan Pemerintahan

Terkait Pemilihan RT dan RW, Legislator PKB Camelia Habiba : Lurah dan Camat harus tegas mencabut RT atau RW Terpilih Masih Aktif di Parpol

 

SURABAYA : ( KABARAKTUALITA.COM ) – Terkait adanya Pemilihan RT, RW dan LKMK yang digelar di Kota Surabaya, Legislator PKB DPRD Kota Surabaya, Camelia Habiba meminta untuk pemilihan RT RW dan LPMK jangan ditunggang .oleh kepentingan Politik tertentu.

Untuk itu, Pihaknya mendesak supaya Lurah dan Cama. untuk t bertindak tegas untuk mencabut atau membatalkan SK yang akan diterbitkan,hal ini jika yang terpilih tersebut masih aktif di Parpol.

“Meskipun itu lemah di Perwali, karena cukup menunjukkan surat pengunduran diri, sebagai pengurus partai, bisa mencalonkan.” tandas Anggota Komisi A .

Terlebih perempuan berjilbab ini berharap Pemkot mengambil langkah tegas, jika ada Oknum yang memanfaatkan Proses pemilihan RT RW dan LPMK. Pasalnya, ada sejumlah pengurus RT dan RW lebih dari 3 periode bisa mencalonkan kembali.

“Meskipun ada calon baru, dan itu disahkan Kelurahan,” ungkapnya.
Selayaknya, Masih kata Camelia Habiba, secara Perwali gugur dengan sendirinya. Karena ada pencalonan baru.Namun, lanjutnya, Kelurahan masih memproses, yang mana dalam proses pemilihannya juga ada beberapa Calon RW Petugas Partai atau Pengurus Partai.

Mereka, masih Habiba, cukup dengan berbekal Surat, menunjukkan pengunduran diri dan tidak Diverifikasi, apakah surat nya benar benar mengundurkan diri.

“Atau hanya pemenuhan syarat sebagai ikut proses pencalonan,” terangnya.

Ironisnya, menurut Habiba, dalam proses pemilihan RT maupun RW banyak tidak dihadiri Pihak Kelurahan. Padahal, harus ada berita acara pemilihan (BAP) nya, yang di teken kelurahan.

“Kapan ditekennya kalau tidak dihadiri, Iya berarti formalitas,” ujarnya.

Untuk itu, Pihaknya meminta Pemkot mengevaluasi Lurah yang tidak terjun ke bawah untuk mengikuti proses pemilihan RT RW. Di samping itu, Habiba juga mengimbau Sosialisasi Perwali RT RW dan LPMK menggandeng tokoh masyarakat. ( red /dji ).

Related Articles

Back to top button